PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN TERPADU

  • Kharisma Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sutrisno Sahari Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 492 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 2022
Keywords: android, dan pembelajaran terpadu

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis android pada matakuliah pembelajaran terpadu ditujukan untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat yang dikembangkan, (2) hasil belajar mahasiswa, dan (3) respon mahasiswa. Untuk mencapai tujuan tersebut telah dilakukan penelitian yang diawali dengan penyusunan media pembelajaran dan tes hasil belajar yang selanjutnya dilakukan uji coba media tersebut dalam perkuliahan.

Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa tingkat 1 semester genap kelas A UN PGRI Kediri sebanyak 12 siswa pada tahun pelajaran 2016-2017.

Model pengembangan media yang digunakan adalah model 4D.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket, metodevalidasi, dan metode tes.

Data penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan sesuai dengan validasi media oleh pakar. Hasil yang diperoleh dari validasi media sebesar 3,51dengan criteria sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal diperoleh 83,33%.

Hasil analisis respon mahasiswa menunjukkan bahwa dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis android pada matakuliah pembelajaran terpadu memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-11-20
How to Cite
Putri, K. E., & Sahari, S. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN TERPADU. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 32-40. https://doi.org/10.29407/pn.v3i1.11709

Most read articles by the same author(s)