Efektivitas Aplikasi Dokter sebagai Media Tutorial pada Materi Rekam Medis di STIKES Bhakti Husada Bengkulu

  • Agus Riyanto Riyanto
Abstract views: 158 , PDF downloads: 119
Keywords: Perangkat Lunak, Tutorial, Rekam Medis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari Aplikasi Dokter sebagai Media Tutorial pada Materi Rekam Medis yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur Analysis, Design, Development. Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu: terdiri tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Pada tahap pengembangan dilakukan uji efektivitas. Uji efektivitas Animasi Dokter dilakukan pada mahasiswa Program Studi Keperawatan Semester I berjumlah 26 mahasiswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar efektivitas animasi dokter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas animasi dokter model tutorial pada pokok bahasan rekam medis di semester I (satu) termasuk dalam kategori sangat  dari aspek aktivitas mahasiswa dan dosen, respon mahasiswa dan tes hasil belajar mahasiswa dengan skor 4,24.

an skor 4,24.

References

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. In Deepublish.

Hasyim, M., & Listiawan, T. (2015). Penerapan Aplikasi Ibm Spss Untuk Analisis Data Bagi Pengajar Pondok Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung Demi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Kreativitas Karya Ilmiah Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Teaching and Educations.

konsil kedokteran indoensia. (2006). Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Longmire, W., Tuso, G., & Wagner, E. D. (2000). Emerging strategies for effective e-Learning solutions. Learning Without ….

Presiden Republik Indonesia. (2004). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedoteran. Undang Undang Praktik Kedokteran. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Saputra, W., & Purnama, B. E. (2011). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mata kuliah organisasi komputer. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(2).

Soenarto Intan Septiani, Y. . R. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Melalui Metode Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Omega: Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV.

Zaid, N. M., & Mohamad, F. (2010). Pembangunan Modul Multimedia Interaktif Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berasaskan Senario Bagi Tajuk Pembangunan Perisian Multimedia Berasaskan. … Tajuk Pembangunan Perisian Multimedia ….

Published
2020-08-10
How to Cite
Riyanto, A. (2020). Efektivitas Aplikasi Dokter sebagai Media Tutorial pada Materi Rekam Medis di STIKES Bhakti Husada Bengkulu. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 11-16. https://doi.org/10.29407/pn.v5i2.14283