Dampak Model Pembelajaran Experiental Learning Terhadap Peningkatan Kompetensi Operator Pembangkit

Authors

  • Dedi Budi Utomo Binus Business School
  • Andi Lestari Sitepu Binus Business School
  • Rachmat Mulyana Binus Business School
  • Nurianna Thoha Binus Business School

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13241

Keywords:

Experiential Learning Model, Understanding Equipment & Work Procedure, Problem Solving Ability

Abstract

Tantangan untuk mempersiapkan operator pembangkit listrik dengan cepat, tepat dan efektif dihadapi oleh PT XYZ Services untuk dapat terus tumbuh, berkembang dan berkontribusi dalam Program Penyediaan Tenaga Listrik 35.000 MW sehingga diperlukan model pelatihan yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui model pelatihan yang lebih tepat untuk digunakan dalam penyiapan operator pembangkit listrik yang kompeten dalam waktu yang lebih singkat antara model pembelajaran Experiental Learning dan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui dampak model pembelajaran Experiental Learning terhadap peningkatan kompetensi operator pembangkit listrik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh temuan antara lain sebagai berikut : 1) terdapat perbedaan pada semua aspek kompetensi  antara Operator yang belajar dengan model experiential learning dengan Operator yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; 2) tidak terdapat perbedaan pada aspek Understanding Equipment & Work Procedure antara operator yang belajar dengan model experiential learning dengan Operator yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; 3) terdapat perbedaan pada aspek Problem Solving Ability antara operator yang belajar dengan model experiential learning dengan Operator yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dan 4 ) model pembelajaran Experiental Learning memberikan dampak pada peningkatan kompetensi Operator pembangkit listrik khususnya pada aspek Problem Solving Ability.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkan, Fatma (2016). Experiential Learning: Its Effects on Achievement and Scientific Process Skills, The original language of article is English (v.13, n.2, June 2016, pp.15-26, doi: 10.12973/tused.10164a)

Baker, Marshall A. Baker and Robinson, J.Shane : The Effects of Kolb’s Experiential, Learning Model on Successful Intelligence in Secondary Agriculture Students, https://doi.org/10.1177/1534484318759399 Journal of Agricultural
Education, 57(3), 129-144. doi: 10.5032/jae.2016.03129Candiasa, I Made. 2010. Analisis Butir Disertai Aplikasi dengan ITEMAN, BIG STEPS dan SPSS. Singaraja : IKIP Negeri Singaraja

Clardy, Alan ( Towson University Columbia, USA) Published June, 2018, 70-20-10 and The Dominance of Informal Learning : A Fact in Search of Evidence

Cresswell, Johm W (2016) : Research Design, Pendekatan Metode Campuran, Edisi 4, Pustaka Belajar, Jakarta

Hake,1999. Analyzing Change/Gain Scores. 24245 Hatteras Street, Dept, of Physics, Indiana University. USA. Woodland Hills, CA, 91367 .

Jabbar, K B A., Ong, A., Choy, J. & Lim, L. 2013. Effects of experientialbased videos in multi-disciplinary learning. Australasian Journal of Educational Technology. 29(4)

Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2005). Learning styles and learning spaces: Enhancing Experiential learning in higher education. Academy of Management Learning & Education, 4(2), 193-212. doi:10.5465/AMLE.2005.17268566

Lindsey, E. H., Homes, V., & McCall, M. W., Jr. (1987). Key events in executives' lives. Greensboro, NC: Center for CreativeLeadership

Lestari, Sadia, Suma (2014) : Pengaruh Model Experiental Learning Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Siswa, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 4 Tahun 2014)

Lombardo, M. M., & Eichinger, R. W. (2010). The career architect development planner . Minneapolis, MN: Lominger Limited

McCall, M. W., Jr., Lombardo, M. M., & Morrison, A. M. (1988). The lessons of experience: How successful executives develop onthe job. Lexington, MA: Lexington Books

S. Devinder and A. B. Zaitun, “Mobile learning in wireless classrooms,” Malaysian Online Journal of Instructional Technology (MOJIT), vol. 3, no. 2, pp. 26-42, 2006

Turesky, E. F., & Gallagher, D. (2011). Know thyself: Coaching for leadership using Kolb's experiential learning theory. Coaching Psychologist, 7(1), 5–14

70:20:10 Forum. (2015a). 70:20:10 from strategy to action: Creating a high performance culture using the 70:20:10 framework.Retrieved from https://www.702010forum.com//files/ 702010_Strategy_to_Action.pdf

PlumX Metrics

Published

2019-09-12

How to Cite

Dampak Model Pembelajaran Experiental Learning Terhadap Peningkatan Kompetensi Operator Pembangkit. (2019). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13241

Similar Articles

1-10 of 107

You may also start an advanced similarity search for this article.