Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural di SD Negeri Sangiang Pulau Kabupaten Bima
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15205Keywords:
Pendidikan Multikultural, Nilai Multikultural, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalsisis implementasi nilai-nilai pendidikan multikultura di SD Negeri Sangiang Pulau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan peserta didik. Analisis data menggunakan model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Selanjutnya data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi nilai pendidikan multikultural dap dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler disekolah dapat dilakukan dengan penguatan materi tentang keberagaman yaitu tentang beragam suku, budaya, agama dan adat istiadat. Sementara dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan dengan kegiatan kemah kebudyaan, karnaval pakaian adat istiadat tiap-tiap daerh yang ada di indonesia dan pendalaman mengenai bhineka tunggal ika dan pancasila.
Downloads
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Baldah, Wardatul. Sumarna, Cecep dan Yuniarto, Bambang. 2016. Pengaruh Penanaman Nilai-nilai multikultural Terhadap Pembentukan Sikap Pluralis Siswa di MTS Negeri Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Jurnal Edueksotis, 1 (1).
Budianta, M. (2003). “Multikulturalisme dan pendidikan multikultural: Sebuah Gambaran Umum”. Tsaqafah Vol 1, No. 2 P: 8-16
Dike, Daniel. (2017). Pendidikan Multikultural Sekolah Dasar di Wilayah 3T. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 1, No. 2: 12-22.
Desmita. 2016. Pikologi Perkembangan Peerta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Hanum, Farida dan Rahmadonna, Sisca. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Multikultural SD di DIY. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3 (1): 89- 102.
Lincoln, P. Z. 2011. Educational Equality or Educational Equity. NUCB Journal of Economics And Information Science, 60 (1).
Milles, & Huberman. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Los Angeles: SAGE Publications.
Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Dipetik September 27, 2020.
Najmina, Nana. 2018. Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10 (1): 52-56.
Praptini (2017). “Peranan Pendidikan Multikultural Dalam Menanamkan Pendidikan Nilai Untuk Membentuk Masyarakat Yang Menghargai Budaya Bangsa” Jurnal Unimed.
Sarona Gaharu (2014). “Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural (Studi Di SD Sanggar Anak Alam Bantul)”. Skripsi S1 Sosiologi Universitas Gadjah Mada.
Sudrajat. 2014. Pendidikan Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS di SD. JIPSINDO, 1 (1): 1-19.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Dipetik September 28, 2020
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyudin, Apri dan Elhefni. 2017. Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural di Indonesia. Jurnal Elementary, 3.
Wawancara Dengan Kepala Sekolah Melalui Via Telepon Seluler Pada Hari Kamis 29 Oktober 2020
wawancara dengan salah satu guru SD Negeri Sangiang Pulau melalui via telepon seluler pada hari kamis 30 oktober 2020
Yenny Puspita (2018), “Pentingnya Pendidikan Multikultural” Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas Pgri Palembang 05 Mei 2018 Isbn 978-602-52451-0-7
Zamroni. 2011. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Surya Sarana Grafika.
Zubaidi. 2004. “Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan”. Hermina Vol.3 no.1.p.77.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License