Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Peningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Think Talk Write dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan sebagai berikut, (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Batu Belah Timur I tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pra tindakan memperoleh tingkat ketercapaian klasikal pada aspek kognitif sebesar 45,33%, dan tindakan I sebesar 70% sedangkan pada tindakan II sebesar 90%. Aspek rata-rata nilai afektif pada pra tindakan menunjukkan 67,00, setelah dilakukan tindakan I rata-rata nilai afektif meningkat menjadi 79,52 dan mengalami peningkatan menjadi 98,33 pada tindakan II, sedangkan aspek psikomotorik rata-rata nilai psikomotor pada pra tindakan menunjukkan 64,50, setelah dilakukan tindakan I rata-rata nilai psikomotor meningkat menjadi 83,00 dan mengalami peningkatan menjadi 98,00 pada tindakan II
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
-
Arikunto, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT Raja Garfindo Persada.
Lubis, M. 1997. Sastra dan Tekhniknya. Jakarta : Obor Indonesia.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yamin, M. s& Ansari, B., I. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers.