Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning yang layak, praktis, dan efektif untuk melakukan penguatan karakter pada KI 2. Perangkat pembelajaran tersebut diujikan terhadap siswa kelas IV di SDK Sang Timur tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model 4-D. Rancangan ujicoba perangkat menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV. Subjek penelitian ini berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas perangkat pembelajaran berkategori baik dengan rata-rata nilai 3.7; tingkat keterbacaan lembar kegiatan siswa berkategori baik dan memperoleh rata-rata nilai 3.6; (2) keterlaksanaan RPP berkategori baik; aktivitas siswa menunjukkan pada penguatan karakter KI 2 dengan perolehan 86.56% pada pertemuan 1 dan 90.62 % pada pertemuan 2; (3) siswa memberikan nilai postif terhadap penguatan karakter utama dengan rata-rata nilai 89.25% melalui jurnal sikap . Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model problem based learning dalam melakukan penguatan karakter terhadap pembelajaran PPKn layak, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Akhir, Muhammad. 2011. Penerapan Strategi Belajar Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Membaca pada siswa. Indonesian Journal of Primary Education Vol.1 N02 30-38 ISSN:2597 -4866. http://ejournal.upi.edu./index.php/IJPE/index
- Budiarti, Intan dan Airlanda, Gamaliel Septian. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning berbasis kearifan lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. P-ISSN:2622-4763, e-ISSN: 2622-2159. VOL. 2. No. 1 Januari 2019 Hal. 167-183
- Ernawati. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model 4-D pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP 6 Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, Volume 3 Nomor 1, Januari 2014 hlm 62-71
- Hamburg, Ileana dan Vladut, Gabriel. 2016. PBL - Problem Based Learning for Companies and Clusters. Transportation Research Procedia 18 ( 2016 ) 419 – 425. doi: 10.1016/j.trpro.2016.12.055
- Saleh, Marhamah. 2013. Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem Based Learning. Jurna Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2013. Volume, XIVNo. I. 190-220
- Nafiah, Yunin Nurun dan Suyanto, Wardan. 2014. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1, Februari 2014
- Prasasti, Pinkan Amita Tri. 2015. Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) disertai FishboneDiagram (FB) untuk memberdayakan kemampuan menganalisis. Premiere Educandum, Volume 5 Nomor 2, Desember 2015, 223-238.
- Rachmadyanti, Putri. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPSD. Vo. 3 No.2 September 2017 ISSN 2540-9093
- Sariani, N. K. D., Dantes, N., & Parmiti, De. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique ( Vct ) Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
- Susanto. Sofyan. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Volume 3│Nomor 1 Juli 2017. E-ISSN 2579-6461 P-ISSN 2460-6324
- Soraya, Dian, Jampel, I nyoman, dan Diputra, Komang Sujendra. 2018. Pengaruh Mode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Sosial dan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika. TSCJ. P-ISSN: 2615-4692, e-ISSN: 2615-6105. Vol. 1 No 2, Tahun 2018.
- Tilaar, H. A.R. 2012. Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara
- Wahana, P., & Mayasari, E. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Pada Mata pelajaran PPKn Terhadap Sikap Siswa Sd Akan Nilai-Nilai Terkait. Jurnal Penelitian, 21, 76–86. 909-2168-1-SM (1).pdf
- Wallden, Sari, and Makinen, Erkki. 2013. Educational Data Mining and Problem Based Learning. University of Tampere, School of Information Sciences
- Widodo, J. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. , Pub. L. No. 87 (2017).
- Winataputra, Udin S., dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka