Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning yang layak, praktis, dan efektif untuk melakukan penguatan karakter pada KI 2. Perangkat pembelajaran tersebut diujikan terhadap siswa kelas IV di SDK Sang Timur tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model 4-D. Rancangan ujicoba perangkat menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV. Subjek penelitian ini berjumlah 13 siswa.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas perangkat pembelajaran berkategori baik dengan rata-rata nilai 3.7; tingkat keterbacaan lembar kegiatan siswa berkategori baik dan memperoleh rata-rata nilai 3.6; (2) keterlaksanaan RPP berkategori baik; aktivitas siswa menunjukkan pada penguatan karakter KI 2 dengan perolehan 86.56% pada pertemuan 1 dan 90.62 % pada pertemuan 2; (3) siswa memberikan nilai postif terhadap penguatan karakter utama dengan rata-rata nilai 89.25% melalui jurnal sikap . Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model problem based learning dalam melakukan penguatan karakter terhadap pembelajaran PPKn layak, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords

Pemecahan masalah, penguatan karakter, perangkat pembelajaran

Article Details

How to Cite
Budiyono, F., & Hardiansyah, F. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Penguatan Karakter KI 2 Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran di SDK Sang Timur Kabupaten Sumenep. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2), 12-22. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15035

References

  1. Akhir, Muhammad. 2011. Penerapan Strategi Belajar Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Membaca pada siswa. Indonesian Journal of Primary Education Vol.1 N02 30-38 ISSN:2597 -4866. http://ejournal.upi.edu./index.php/IJPE/index
  2. Budiarti, Intan dan Airlanda, Gamaliel Septian. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning berbasis kearifan lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. P-ISSN:2622-4763, e-ISSN: 2622-2159. VOL. 2. No. 1 Januari 2019 Hal. 167-183
  3. Ernawati. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model 4-D pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP 6 Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, Volume 3 Nomor 1, Januari 2014 hlm 62-71
  4. Hamburg, Ileana dan Vladut, Gabriel. 2016. PBL - Problem Based Learning for Companies and Clusters. Transportation Research Procedia 18 ( 2016 ) 419 – 425. doi: 10.1016/j.trpro.2016.12.055
  5. Saleh, Marhamah. 2013. Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem Based Learning. Jurna Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2013. Volume, XIVNo. I. 190-220
  6. Nafiah, Yunin Nurun dan Suyanto, Wardan. 2014. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1, Februari 2014
  7. Prasasti, Pinkan Amita Tri. 2015. Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) disertai FishboneDiagram (FB) untuk memberdayakan kemampuan menganalisis. Premiere Educandum, Volume 5 Nomor 2, Desember 2015, 223-238.
  8. Rachmadyanti, Putri. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPSD. Vo. 3 No.2 September 2017 ISSN 2540-9093
  9. Sariani, N. K. D., Dantes, N., & Parmiti, De. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique ( Vct ) Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
  10. Susanto. Sofyan. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Volume 3│Nomor 1 Juli 2017. E-ISSN 2579-6461 P-ISSN 2460-6324
  11. Soraya, Dian, Jampel, I nyoman, dan Diputra, Komang Sujendra. 2018. Pengaruh Mode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Sosial dan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika. TSCJ. P-ISSN: 2615-4692, e-ISSN: 2615-6105. Vol. 1 No 2, Tahun 2018.
  12. Tilaar, H. A.R. 2012. Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara
  13. Wahana, P., & Mayasari, E. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Pada Mata pelajaran PPKn Terhadap Sikap Siswa Sd Akan Nilai-Nilai Terkait. Jurnal Penelitian, 21, 76–86. 909-2168-1-SM (1).pdf
  14. Wallden, Sari, and Makinen, Erkki. 2013. Educational Data Mining and Problem Based Learning. University of Tampere, School of Information Sciences
  15. Widodo, J. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. , Pub. L. No. 87 (2017).
  16. Winataputra, Udin S., dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka