Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model pembelajaran PQ4R with Pop Up terhadap kreatifitas belajar siswa pada kurikulum 2013 mata pelajaran tematik kelas V dan seberapa besar pengaruhnya. Dari tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan menggunakan Pretest-Posttest Control-Group Design. Dalam pelaksanaan penelitian subyek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol diberikan model pembelajaran konvensional sedangkan kelompok eksperimen diberikan model PQ4R with pop up, kemudian diambil data kreatifitas belajar mata pelajaran tematik dari kedua kelompok. Data kreatifitas belajar mata pelajaran tematik pada kedua kelompok dianalisis menggunakan SPSS untuk menjawab rumusan masalah. Dari analisis data diperoleh 0,000 atau < 0,05 yang berarti bahwa: Ho di tolak dan menerima H1 atau dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran PQ4R with pop up terhadap kreatifitas belajar mata pelajaran tematik siswa kelas V. Dari uji regresi dengan SPSS didapatkan nilai R sebesar 0,786 yang berarti bahwa ada pengaruh yang kuat antara model pembelajaran PQ4R with pop up dengan kreatifitas belajar mata pelajaran tematik kurikulum 2013 dan dari nilai R square didapat nilai 0,625 yang berarti bahwa model pembelajaran PQ4R with pop  up berpengaruh positif terhadap kreatifitas belajar mata pelajaran tematik sebesar 62,5%

Keywords

Model PQ4R, pop up, kreatifitas

Article Details

How to Cite
Beny Asfuri, N., & Faridhoh Sasmito , L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite Dan Review) With Pop Up Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Tematik Kelas V SD Kecamatan Banyudono. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2), 130-141. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14984

References

  1. Al-Qawabeh, R. H. & Aljazi, A. A. 2018. The Effectiveness of Using PQ4R Strategy in Teaching Reading Comperehension in Arabic Language Subject among Ninth Grade Students’ Achievement in Jordan. World Journal of Educational Research. 5(2), 159 – 171
  2. Anshory, dkk. 2018. Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhamadiyah 07 Wajak. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(1), 35-46.
  3. Borg, W. R. & Gall, M. D. 2003. Educational research: an introduction (7thed). New York. Longman, In
  4. Dewanti, Toenliou dan Soepriyanto. 2018. Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221-228
  5. Dianita, Shabrina dan Subagyo. 2017. Penggunaan Media Pop Up Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Ekosistem Kelas V. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, 5 (3), 883-892
  6. Handayani dan Sulisworo. 2016. Penerapan Model Pembelajaran PQ4R Pada Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Proseding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains 5. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan
  7. Indrawati, T., Riyadi, & Matsuri. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman.Jurnal Didaktika Dwija Indria. 2(9)
  8. Istiqomah,F., Rochmad, & Mulyono. 2017. Mathematical Creative Thinking Ability of the Seventh Grade Students in Terms of Learning Styles to the Preview- Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R) Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 258-267
  9. Kau, Murhima. 2017. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikum Berbasis Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI, 4-6 Agustus 2017. Malang: Universitas Negeri Malang
  10. Marnita. 2018. The Effect of Using PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Strategy on EFL Students’ Reading Comprehension Achievement. Research in English and Education Journal, 3(1), 17 – 24
  11. Putri,Ghina Fitriadi, Yasbiati dan Pranata. 2018. Pengaruh Media Pop-Up Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penggolongan Hewan berdasarkan Jenis Makanannya. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 174-183
  12. Pratiwi, A. D., Yusrizal, Y., & Elisa, E. 2016. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika Unsiyah, 13(2), 131- 141.
  13. Putri, dkk. 2018. Pengaruh Media Pop Up Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Pedadidaktita: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5(1), 174 -183
  14. Siswono, T.Y.E. 2011. Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), Agustus 2017 Review. 6(7): 548-553
  15. Sugiarti, Henry. 2017. Keefektifan Media Pop Up Candi Berbantuan Model Snowball Terhadap Pembelajaran IPS Kelas V SDN Kembangarum 02 Mreanggen. Jurnal Pendas Mahakam, 2 (1), 67-71
  16. Wahono, S. 2014. Using PQ4R to Increase The Students’ Reading Comprehension at Al-Bidayah Islamic Boarding School. Fenomena. 13(2), 121 – 131.
  17. Wangka dan Usman. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PA1. Jurnal Tarbawi, 1(1), 68
  18. Wondal, R. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(1), 128 – 139.
  19. Wulandini, dkk. 2016. Pengaruh Strategi Belajar PQ4R Terhadap Hasil Belajar Kognitif Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 3(6), 1-14
  20. Wulandari, Koeswanti dan Giarti. 2019. Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 19-2