Main Article Content
Abstract
Kreatifitas guru untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar berperan penting dalam mengembangkan potensi peserta didik. Salah satunya dapat diwujudkan dengan mengembangkan media pembelajaran yang valid dan efkektif. Namun, tidak semua guru mampu mengembangkan media pembelajaran seperti halnya di MIN 4 Jember. MIN 4 Jember masih minim dalam penggunaan media pembelajaran, akibatnya hasil belajar siswa kurang maksimal. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop-up book yang valid dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar Tema Peristiwa Alam siswa kelas I MIN 4 Jember. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan memodifikasi model pengembangan Brog and Gall. Model tersebut terdiri dari tujuh tahap yaitu: (1) mencari masalah; (2) mengumpulkan data; (3) pengembangan desain/produk; (4) validasi desain/produk; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk. Produk akhir dari penelitian ini berupa media pop-up book yang dikembangkan dari dua aspek, aspek materi dan aspek media. Hasil uji coba validitas yang diperoleh dari ahli materi sebesar 88% dan ahli media sebesar 82% dengan kualifikasi valid. Hasil uji t-related juga menunjukkan adanya perbedaan yang cukup signifikan antara perolehan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen yakni sebesar 25%. Dengan demikian media pop-up book ini layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar Tema Peristiwa Alam siswa kelas I MIN 4 Jember.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Aziz, Abd. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
- Indrianto, nino. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Mata PelajaranPendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural bagi Siswa Kelas XII SMAN 2 Kediri. Tesis: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
- Indrianto, nino. 2019. Rancangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Interdisipliner di Perguruan Tinggi; Studi Pengembangan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesrsitas Jember dan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Disertasi: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
- Jarvis, Matt. 2011. Teori-teori Psikologi, Cet. X. Bandung: Nusa Media.
- Khoiriyah, Evi Sari, & Eka Yulian. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No.2: 22-32. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/2495
- Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana
- Restian, Arina dan Sari, Eka Kartika. 2019. Pengembangan Media “Comic Life” Untuk Gerakan Literasi Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (JPDN), Vol 5 (1): 159-171. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1. 13187
- Sugiarti, Henry. 2017. Keefektifan Media Pop Up Candi Berbantu Model Snowball Throwing Terhadap Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Sdn Kembangarum 02 Mranggen. Jurnal Pendas Mahakam, Vol 2 (1): 67-71. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/download/100/ 62
- Sugiono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Ulya, Himmatul dan Rofian. 2019. Pengembangan Media Story Telling Berbasis Montase Sederhana Sebagai Suplemen Bahan Ajar Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (JPDN), Vol 5 (1): 140-149. http:// do.org/10.29407/jpdn.v4i2.12166
- Wiratsiwi, Wendri. 2019. Tingkat Keefektifan Media Papercraft Struktur Bumi dan Matahari Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gedongombo III Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (JPDN), Vol 5 (1): 133-141. http:// doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13084