Implementasi Kedisiplinan di SDN Sukorame 2 Sebagai Bekal Membentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sindy Kartika
Frans Aditia Wiguna

Abstract

Abstrak:


SDN Sukorame 2 memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan implementasi kedisiplinan sebagai bekal membentuk pendidikan karakter pada siswa di SDN Sukorame 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa implementasi kedisiplinan sebagai bekal membentuk pendidikan karakter pada siswa di SDN Sukorame 2 telah dicurahkan kedalam program sekolah yang meliputi: Siswa hadir 10 menit sebelum pelajaran dimulai, siswa memakai seragam sesuai jadwal, mengikuti upacara benderan dengan khidmat, melaksanakan dan mentaati tata tertib sekolah, melaksanakan tugas piket sesuai jadwal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kartika, S., & Aditia Wiguna, F. . (2020). Implementasi Kedisiplinan di SDN Sukorame 2 Sebagai Bekal Membentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(1), 163–173. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14439

References

  1. DAFTAR RUJUKAN
  2. Ariananda, Eka S., Hasan Syamsuri, Rakhman maman, 2014. Pengaruh kedisiplinan siswa di sekolah terhadap Prestasi belajar siswa teknik pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol.1, No.2. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/3805/2711
  3. Depdiknas. 2011. Kedisiplinan adalah Modal kesuksesan. http://www.diknas.go.id/info. 2011. Diakses tanggal 15 April 2020.
  4. Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia. 15 April 2020
  5. Hidayatullah, M.Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Perkasa.
  6. Kemdiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
  7. Mustadi, Ali. (2011). Pendidikan Karakter Berwawasan Sosiokultural (Sociocultural Based Character Education) di Sekolah Dasar, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  8. Nizar. 2010. Pengertian Disiplin Diri. http://faridnyzer169.wordpress.com.2010. Diakses tanggal 15 April 2020.
  9. Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
  10. Yasin. Fatah. Penumbuhan Kedisiplinan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah. Jurnal el-Hikmah Fakultas Tarbiyah UIN Maliki Malang. 15 April 2020