Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian pada artikel ini adalah untuk mengembangkan dan memvalidasi intrumen analisis buku tematik-terpadu yang mengacu pada kajian teori/variabel (1) karakteristik pembelajaran terpadu, (2) pendekatan saintifik, dan (3) prinsip buku ajar  yang baik. Metode pada penelitian ini adalah; (1) mengkaji teori terkait pendekatan yang digunakan pada buku tematik-terpadu; (2) menyusun kisi-kisi intrumen yang terdiri dari variabel, sub variabel, dan indikator; (3) menyusun rubrik penskoran dan kriteria instrumen, (4) validasi kepada ahli; (5) perbaikan dan hasil akhir produk. Melalui kegiatan validasi ahli disimpulkan bahwa intrumen termasuk pada kategori yang valid dan dapat digunakan.

Keywords

instrumen analisis buku tematik-terpadu kurikulum 2013

Article Details

How to Cite
Afandi, ’Alia N. H., & Aka, K. A. (2019). Pengembangan dan Validasi Instrumen Analisis Buku Tematik-Terpadu pada Kurikulum 2013. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 4(2), 199-219. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.13520

References

  1. Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
  2. Akbar, S. 2013. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi pada Pendidikan Karakter. Malang: Handout.
  3. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Dahar, R. W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
  5. Fogarty, R. 1991. How To Integrate the Curricula. USA: IRI/Sky Publishing
  6. Inc, (Online), (http://books.google.co.id), diakses 16 Desember 2013.
  7. Fogarty, R. 1991. Ten Ways To Integrated Curriculum.Educational Leadership, (Online), 49 (2): 61-65, (http://www.ascd.org), diakses 16 Desember 2013.
  8. Hitipieuw, I. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
  9. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
  10. Permendikbud no 50 tahun 2015. Tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
  11. Putrayasa, I.B. 2010. Kalimat Efektif (Diksi, Struktur, dan Logika). Bandung: PT. Refika Aditama.
  12. Sadirman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  13. Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT. Remaja
  14. Rosdakarya Offset.
  15. Smaldino, S. E. dkk. 2008. Instruksional Technology & Media for Learning. Terjemahan Arif Rahman. 2011. Jakarta: Kencana Pranada Media Group
  16. Sudio, R. 2013. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran,(Online), (http://pembelajaranku.com), diakses 19 November 2013.
  17. Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  18. Tim Pengembang PGSD. 1996. Pembelajaran Terpadu D-II PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan KebudayaanDirektorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Most read articles by the same author(s)