Pengembangan dan Validasi Instrumen Analisis Buku Tematik-Terpadu pada Kurikulum 2013

Authors

  • 'Alia Nur Husna Afandi SDN Besowo 2 Kepung Kediri
  • Kukuh Andri Aka Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.13520

Keywords:

instrumen, analisis, buku tematik-terpadu, kurikulum 2013

Abstract

Tujuan penelitian pada artikel ini adalah untuk mengembangkan dan memvalidasi intrumen analisis buku tematik-terpadu yang mengacu pada kajian teori/variabel (1) karakteristik pembelajaran terpadu, (2) pendekatan saintifik, dan (3) prinsip buku ajar  yang baik. Metode pada penelitian ini adalah; (1) mengkaji teori terkait pendekatan yang digunakan pada buku tematik-terpadu; (2) menyusun kisi-kisi intrumen yang terdiri dari variabel, sub variabel, dan indikator; (3) menyusun rubrik penskoran dan kriteria instrumen, (4) validasi kepada ahli; (5) perbaikan dan hasil akhir produk. Melalui kegiatan validasi ahli disimpulkan bahwa intrumen termasuk pada kategori yang valid dan dapat digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Akbar, S. 2013. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi pada Pendidikan Karakter. Malang: Handout.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahar, R. W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Fogarty, R. 1991. How To Integrate the Curricula. USA: IRI/Sky Publishing
Inc, (Online), (http://books.google.co.id), diakses 16 Desember 2013.
Fogarty, R. 1991. Ten Ways To Integrated Curriculum.Educational Leadership, (Online), 49 (2): 61-65, (http://www.ascd.org), diakses 16 Desember 2013.
Hitipieuw, I. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Permendikbud no 50 tahun 2015. Tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
Putrayasa, I.B. 2010. Kalimat Efektif (Diksi, Struktur, dan Logika). Bandung: PT. Refika Aditama.
Sadirman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya Offset.
Smaldino, S. E. dkk. 2008. Instruksional Technology & Media for Learning. Terjemahan Arif Rahman. 2011. Jakarta: Kencana Pranada Media Group
Sudio, R. 2013. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran,(Online), (http://pembelajaranku.com), diakses 19 November 2013.
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Pengembang PGSD. 1996. Pembelajaran Terpadu D-II PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan KebudayaanDirektorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

PlumX Metrics

Published

2019-08-13

How to Cite

Afandi, ’Alia N. H., & Aka, K. A. (2019). Pengembangan dan Validasi Instrumen Analisis Buku Tematik-Terpadu pada Kurikulum 2013. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 4(2), 199–219. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.13520