Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian pada artikel ini adalah untuk mengembangkan dan memvalidasi intrumen analisis buku tematik-terpadu yang mengacu pada kajian teori/variabel (1) karakteristik pembelajaran terpadu, (2) pendekatan saintifik, dan (3) prinsip buku ajar yang baik. Metode pada penelitian ini adalah; (1) mengkaji teori terkait pendekatan yang digunakan pada buku tematik-terpadu; (2) menyusun kisi-kisi intrumen yang terdiri dari variabel, sub variabel, dan indikator; (3) menyusun rubrik penskoran dan kriteria instrumen, (4) validasi kepada ahli; (5) perbaikan dan hasil akhir produk. Melalui kegiatan validasi ahli disimpulkan bahwa intrumen termasuk pada kategori yang valid dan dapat digunakan.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
- Akbar, S. 2013. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi pada Pendidikan Karakter. Malang: Handout.
- Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Dahar, R. W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
- Fogarty, R. 1991. How To Integrate the Curricula. USA: IRI/Sky Publishing
- Inc, (Online), (http://books.google.co.id), diakses 16 Desember 2013.
- Fogarty, R. 1991. Ten Ways To Integrated Curriculum.Educational Leadership, (Online), 49 (2): 61-65, (http://www.ascd.org), diakses 16 Desember 2013.
- Hitipieuw, I. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
- Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
- Permendikbud no 50 tahun 2015. Tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
- Putrayasa, I.B. 2010. Kalimat Efektif (Diksi, Struktur, dan Logika). Bandung: PT. Refika Aditama.
- Sadirman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
- Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT. Remaja
- Rosdakarya Offset.
- Smaldino, S. E. dkk. 2008. Instruksional Technology & Media for Learning. Terjemahan Arif Rahman. 2011. Jakarta: Kencana Pranada Media Group
- Sudio, R. 2013. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran,(Online), (http://pembelajaranku.com), diakses 19 November 2013.
- Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Tim Pengembang PGSD. 1996. Pembelajaran Terpadu D-II PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan KebudayaanDirektorat Jenderal Pendidikan Tinggi.