Main Article Content
Abstract
Nilai moral siswa di SDN 3 Padangan Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung sangat rendah. Siswa di SDN 3 Padangan Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung banyak yang tidak sopan terhadap guru maupun kepada temen sekelasnya. Siswa disana banyak yang belum paham terhadap nilai-nilai moral dalam bacaan buku teks Bahasa Indonesia “Aku Bangga Bahasa Indonesia” kelas III SD. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral dan teknik penyampaian nilai-nilai moral dalam bacaan buku teks bahasa Indonesia “Aku Bangga Bahasa Indonesia” kelas III SD. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa wawancara tak terstruktur, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa korpus data serta lembar wawancara tak terstruktur dan dokumentasi untuk memperkuat data yang peneliti peroleh. Hasil analisis data yang diperoleh nilai moral dalam bacaan buku teks Bahasa Indonesia “Aku Bangga Bahasa Indonesia” kelas III SD terdapat Nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri yaitu rajin, rasa ingin tahu, disiplin, janji, dan pemberani. Nilai moral hubungan manusia dengan sesama yaitu nilai moral suka menolong, peduli,tanggung jawab, saling membantu, bekerjasama. Nilai moral hubungan manusia dengan tuhan yaitu bersyukur, dan nilai moral hubungan manusia dengan lingkungan alam yaitu peduli lingkungan. Teknik penyampaian nilai moral secara langsung 22 kutipan dan teknik penyampaian nilai moral tidak langsung 4 kutipan.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitiansuatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Citra.
- Alimin. (2018). Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Cerita Rakyat Kalimantan Barat, vol. 7 No 1, 143–158.
- Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitaif dan Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
- Muhchon, & dkk. (2015). Dasar-Dasar Pendidikan Moral (Basis Pengembangan Pendidikan Karakter). Yogyakarta: Penerbit Ombak.
- Nurgiyantoro. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University press.
- Zuriah, N. (2015). pendidikan moral & budi pekerti dalam persepektif global. jakarta: PT Bumi Aksara.
- Purnami. (2016). Analisis Nilai Moral Dalam Cerita Pendek Majalah Bobo Edisi Januari Sampai Desember 2015. Vol. 5. No. 14
- Faqih. (2019). Moralitas Teks Sastra Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas Vii SMP, vol. 3(1), 24–40.