Main Article Content

Abstract

Abstrak: Secara periodik kurikulum  mengalami perubahan. Kurikulum berubah karena perkembangan orientasi filosofis, sosiologis, psikologis, ipteks, dan harapan masa depan berubah. Setiap perubahan kurikulum menuntut perubahan proses pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan orientasinya filosofis dan teoretiknya.  Praktik pembelajaran yang terjadi di SD pada beberapa dekade akhir-akhir ini dipandang kurang mampu mengembangan seluruh kecerdasan (ganda), tingkat perkembangan fisik-psikologis dan sosiologis, karakter baik, serta tantangan masa depad murid-murid SD secara optimal. Pembelajatan Terpadu—tematik dipandang tepat sebagai jawaban perubahan kurikulum, walaupun pelaksanaan pembelajaran tematik dewasa ini masih terseok-seok. Rekonstruksi perencanaan dan implementasi pembelajaran tematik yang mengakomodasi seluruh kecerdasan ganda, pengayaan pembelajaran berbasis potensi lokal, menerapkan prinsip pembelajaran konstruktivistik, aktif dan bermakna,  penggunaan pendekatan dan model pembelajaran bervariasi, guru yang memposisikan dirinya sebagai tenaga pengembang, rombel yang diperkecil, teamwork yang diperkuat, selingan penerapan model terpadu yang bervariasi, dan manajemen serta stakeholders yang mendukung dipandang sebagai upaya optimalisasi praktik pembelajaran tematik dalam impelementasi pembelajaran tematik dalam Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik.

 

Article Details

How to Cite
Akbar, sa’dun. (2015). TANTANGAN PERUBAHAN KURIKULUM SEKOLAH DASAR: PEMBELAJARAN TEMATIK JAWABANNYA. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 1(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/150