Main Article Content

Abstract

Javanese script is one of the subjects that is considered quite difficult for elementary school students. The conventional way of teaching teachers is one of the contributing factors. The use of learning media using educational games is one solution for teachers in teaching. Puzzles are a form of innovation that can be used to stimulate children's brains. Playing while learning will make children more interested so that children will not feel bored quickly. The aims of this study are: (a) To find out the mechanism of using Puzzle Carakan media in learning to write Javanese script. (b) To find out how the effect of using Puzzle Carakan media in learning write Javanese characters. This type of research uses a qualitative descriptive approach. The data analysis technique used is by analyzing student answers, as well as comparing student learning outcomes before learning to use Puzzle Carakan and after using Puzzle Carakan.

Keywords

puzzle, method, Javanese script, school.

Article Details

How to Cite
Maryana, W., Rahmawati, L., & Malaya, K. A. (2021). Penggunaan Permainan Puzzle Carakan Dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1), 173-186. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16157

References

  1. Febriana Avianto, Yovita. 2018. Pembelajaran Aksara Jawa untuk Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Media Board Game. Aksara, 30(1) hlm 135.
  2. Denzin, Norman K. dan Yvonna S. Lincoln (eds.). 2009. Handbook of Qualitative Research. Terj. Dariyatno dkk. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Dwi Permata, Rista. 2020. Pengaruh Permainan Puzzel Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2) hlm 4.
  4. Elan. Dkk. 2017. Penggunaan Media Pazzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1)
  5. Hastuti, Widya. 2017. Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Daur Hidup Mahluk Hidup Murid Kelas IV SDN Nomor 25 Panaikang Kecamatan Bisappu Kabupaten Bantaeng. Jurnal PENA: Jurnal Penelitian dan Penalaran, 4(1).
  6. Indria Ekowati, Venny. 2008. “Perubahan Sistem Pembelajaran Aksara Jawa”. Dalam Mulyana (Ed). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah dalam Kerangka Budaya.Yogyakarta: Tiara Wacana.
  7. Lofland dan Lofland dikutip oleh Dr.Lexy J Moleong. 2010 Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung
  8. Lestari, E.D. (2009). Kawruh Sapala Basa. Klaten: Intan Pariwara.
  9. Mariana, Diah. 2014. “Puzzle sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa TK Budi Rahayu Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.
  10. Nuriah, Alfiatun. 3013. “Efektivitas Kombinasi Pembelajaran Kooperatif Time Token Pictuce Puzzle Pada Materi System Peredaran Darah Di SMP N 2 Gabus Kabupaten Pati”. Skripsi. Semarang: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
  11. Nurmalita, A., T.T. Hastuti, dan T. Hardiyanti. (2012). “Kartu Remi Jawa (KAREWA): Strategi Efektif Meningkatkan Minat Anak dalam Pembelajaran Aksara Jawa dengan Sistem Queen Card Game”. Jurnal Pelita, 7(1), hlm 39–46.
  12. Anirisa Latut Torikil Maviro. 2017. “Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIM Lambaro Aceh Besar”. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Tarbiah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
  13. Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung
  14. Patton yang dikutip oleh Lexy J. Moleong, 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung
  15. Stevens, R. J., & Slavin, R. E. (1995). The cooperative elementary school: Effects on students’ achievement, attitudes, and social relations. American Educational Research Journal, 32(2), 321–351.
  16. Srianis, K. 2014. Penerapan Metode Permainan Puzzel Geometri untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak dalam Mengenal Bentuk. E-journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesa 2 (1), hlm. 5
  17. Tim Jarlit BAPEDA DIY. 2004. Pemberdayaan Bahasa, Sastra, Budaya, dan Aksara Jawa melalui Jalur Formal dan Nonformal dalam Era Multikultur di DIY. Laporan Penelitian. Yogyakarta: BAPEDA Propinsi DIY.
  18. Wahyuningsih, Feri. 2015. “Efektivitas Media Puzzle Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak Autistik kelas I SLDB di SLB N 1 Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
  19. Widiyana, Wayan. Dkk. 2019. Media Pembelajaran Puzzel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Kompetensi Pengetahuan IPA.
  20. Yayasan Pustaka Nusantara. (2002). Pedoman Penulisan Aksara Jawa. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusantara.