Permainan Ular Tangga Berbasis Cerita Rakyat Ende-Lio untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.12517Keywords:
Permainan Ular Tangga, Cerita Rakyat Ende-Lio, Kosakata Bahasa InggrisAbstract
Tujuan penlitian ini adalah untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris pada mahasiswa PGSD Uniflor melalui permainan ular tangga berbasis cerita rakyat Ende Lio. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melalui tahapan persiapan, tindakan, observasi dan refleksi. Setelah diterapkan permainan ular tangga berbasis cerita rakyat Ende-Lio dalam dua siklus, di temukan adanya peningkatan kosa kata bahasa Inggris pada mahasiswa PGSD Universitas Flores
Downloads
References
Kusrini, E. 2012. Teaching Vocabulary for Junior High School Students Using Snake and Ladder Game. Jurnal Aktif, Volume XIX Nomor 4. https://scholar.google.co.id
Megawati, F. 2016. Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Jurnal Pedagogia, volume 5, no. 2. https://scholar.google.co.id
Munandar, U.S.C. 1995. Bimbingan dan Koseling Anak Berbakat. Surabaya: Makalah dalam Kongres VIII dan Konvensi Nasional X IPBI.
Pertiwi, V. F. D. (2018). Perbedaan Penggunaan Metode Ceramah dan Metode Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Unika Soegijapranata Semarang).
Safitri, A. H. (2016). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Wayang Purwa Lakon Gathutkaca Lair.
Suganda, A., Hidayat, A., & Indri Widayastuti, E. R. (2010). Upaya meningkatkan kemampuan bicara siswa dalam bahasa inggris melalui permainan sanke and ladder di kelas VII A SMP negeri cimahi. Bandung: UPI.
Yumarlin. 2013. Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Volume 3 Nomor 1. https://scholar.google.co.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License