Pengaruh Strategi Mind Map dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas VI SDN Buaran Bambu V Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i2.12452Keywords:
strategi pembelajaran, mind map, keterampilan menulisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran Mind Map terhadap keterampilan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VI SDN Buaran Bambu V Kota Tangerang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif tipe Quasi-Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 50 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh sebanyak 50 siswa (25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas control). Instrumen dalam penelitian ini adalah test tulis. Semua data dihitung dengan menggunakan t-test formula. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengunaan metode pembelajaran Mind Map memberikan perbedaan efek yang signifikan terhadap keterampilan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VI SDN Buaran Bambu V Kota Tangerang.
Downloads
References
Grossmann, D. (2009). Process Approach to writing. Diakses pada 10 Agustus 2018 dari halaman https://www.birmingham.ac.uk/Documents/college-artslaw/cels/essays/languageteaching/ProcessApproachtoWriting.pdf
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Rinnert, C. & Kobayashi, H. (2009). Situated Writing Practice in Foreign Language Setting: The Role .of Previous Experience and Instruction dalam R.M Manchon (Ed.), Writing in Foreign Language Context Learning, Teaching, and Research. Bristol: Multilingual Matters.
Ratminingsih, N.M. (2017). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: Rajawali Press.
Steele, V. (2005). Using Mind Map to develop Writing. Diakses pada 10 Agustus 2018 dari halaman https://www.teachingenglish.org.uk/article/using-mind-maps-develop-writing
Sudjana, N. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, K. (2015). English for Young Learners: Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyanto, K. (2015). English for Young Learners: Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Widjarjono, A. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License