Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik

  • Shinta Dwi Handayani Universitas Indraprasta PGRI
  • Ari Irawan Universitas Indraprasta PGRI
Abstract views: 4490 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1869
Keywords: Mathematics Learning, Realistic Mathematics, Learning in the Pandemic Era, Covid-19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran matematika disajikan di masa pandemi covid-19 dengan pendekatan matematika realistik. Aplikasi apa saja dan media apa saja yang digunakan dalam pembelajaran matematika secara daring di masa pandemic. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdapat perbedaan kelas yang dimaksud disini adalah kelas virtual. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini adalah ada beberapa aplikasi yang digunakan dalam menunjang pembelajaran matematika selama masa pandemic dengan pendeketan matematika realistik yaitu media sosial whatsapp group, google class room, google form, zoom meting dan google meet. Selanjutnya media pembelajaran yang digunakan adalah barang-barang pribadi yang ada dirumah dan dalam kehidupan sehari-hari siswa gunakan ketika belajar tentang lingkaran maka yang digunakan sebagai alat peraga yang memang sehari-hari siswa gunakan untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang bentuknya lingkaran seperti ban sepeda, hula hup, birbir gelas dan lain sebagainya. Adapula kedala dalam pembelajaran daring yaitu keterbatasan inftastuktur penunjang kegiatan pembelajaran dan juga kuota intenet yang menyedot cukup banyak kuota internet siswa dan guru.

 

The purpose of this study is how mathematics learning is presented during the Covid-19 pandemic with a realistic mathematics approach. What applications and media are used in online mathematics learning during a pandemik. The method used in this research is classroom action research, there are differences in the class referred to here, namely the virtual class. This research was conducted on class VIII students in semester 2 of the 2019/2020 academic year. The results of this study are that there are several applications used to support mathematics learning during the pandemic with realistic mathematics approaches, namely social media WhatsApp group, google class room, google form, zoom meting and google meet. Furthermore, the learning media used are personal items at home and in everyday life students use when learning about circles, they are used as props that students use everyday to serve as learning media in a circle like bicycle tires, hula hup, beer glass and so on. There are also problems in online learning, namely the limitations of the infrastructure to support learning activities and also the internet quota which takes up quite a lot of internet quota for students and teacher

References

Ahmad, C., Hsiu, J., Wong, D., Kuo, L., A, M. S. N., Huri, D., Min, N., Pallath, V., Phoay, C., Tan, L., & Hong, C. (2020). Physica Medica Teaching and learning of postgraduate medical physics using Internet-based e-learning during the COVID-19 pandemic – A case study from Malaysia. Physica Medica, 80(October), 10–16. https://doi.org/10.1016/j.ejmp.2020.10.002

Alqudah, N. M., Jammal, H. M., Saleh, O., Khader, Y., Obeidat, N., & Alqudah, J. (2020). Perception and experience of academic Jordanian ophthalmologists with E-Learning for undergraduate course during the COVID-19 pandemic. Annals of Medicine and Surgery, 59(June), 44–47. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2020.09.014

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Baru Pendidikan Matemayika dalam Pembelajaan Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(June), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa smp. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.

Halimah, N. (2016). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase dengan berbagai media improving. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 807–814.

Misdalina, Zulkardi, & Purwoko. (2009). Pengembangan materi integral untuk sekolah menengah atas (SMA) menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) di palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–74.

Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94-103. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 145–150.

Patimah, S., Lyesmaya, D., & Maula, luthfi hamdani. (2020). Analisis Aktivitas Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Campuran Berbasis Daring ( Melalui Aplikasi Whatsapp ) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas 4 SDN Pakujajar CBM. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 98–105.

Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolah kabupaten tasikmalaya. Infinity, 5(1), 25–31.

Rahayu, T., Purwoko, & Zulkardi. (2008). Pengembangan instrumen penilaian dalam pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) Di SMPN 17 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 17–33.

Ratreni, N. L., Agung, A. G., & Suwatra, I. W. (2013). Penerapan metode pemberian tugas dan kegiatan 3M untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelompok b TK Widya Kumara Sari Tunjung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 1–10.

Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di MI/ SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa). JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16.

Santoso, B. (2020). Prosach: Sebagai Acuan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Platform Digital Di Masa Pandemik Covid-19. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(1), 57–63. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/2224

Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI): perkembangan dan tantangan. IndoMS. J.M.E, 1(1), 11–16.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 79–85.

Ulya, Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2010). Desain bahan ajar penjumlahan pecahan berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk siswa kelas IV sekolah dasar negeri 23 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 86–96.

Published
2020-11-24
How to Cite
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179-189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813