Kecemasan mengajar matematika mahasiswa calon guru dalam melakukan praktik mengajar

  • Heru Heru Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Refi Elfira Yuliani Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Rieno Septra Nery Universitas Muhammadiyah Palembang
Abstract views: 851 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 710
Keywords: Kecemasan Matematika, Mahasiswa, Praktik Mengajar, Calon Guru

Abstract

Mahasiswa calon guru mengalami kecemasan mengajar matematika dikarenakan belum mampu menguasai cara mengajar matematika dan mengembangkan materi/bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecemasan mengajar matematika mahasiswa calon guru dalam melakukan praktik mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan observasi. Hasil kusioner dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa rata-rata mahasiswa calon guru yang melakukan praktik mengajar memiliki kecemasan pada tingkat sedang. Jumlah mahasiswa yang memiliki tingkat kecemasan tinggi adalah sebanyak 7 orang (20,00%), tingkat kecemasan sedang sebanyak 24 orang (68,57%) dan tingkat kecemasan rendah sebanyak 4 orang (11,43%). Kecemasan ini lebih dominan tampak pada domain attitude, dimana mereka merasa takut dan tidak percaya diri pada saat melakukan praktik mengajar.

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational Effects Of Mathematics Anxiety In Pre-service Teacher Education. AARE 2011 Conference Proceedings. http://www.aare.edu.au/data/publications/2011/aarefinal00501.pdf

Darmadi, D., & Handoyo, B. (2016). Profil berpikir visual mahasiswa calon guru matematika dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1). ttps://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/396

Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan matematika pada mahasiswa calon guru matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 34-44. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.508

Djaali & Muljono, P.(2004). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang (tidak dipublikasikan)

Haciomeroglu, G. (2013). Mathematics Anxiety and Mathematical Beliefs: What Is the Relationship in Elementary Pre-Service Teachers?. Issues in the Undergraduate Mathematics Preparation of School Teachers, 5.

Kemenkumham. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. , (2005).

Ma, X. (1999). A meta-analysis of the relationship between anxiety toward mathematics and achievement in mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 30(5), 520-540. https://doi.org/10.2307/749772

Peker, M., & Ertekin, E. (2011). The relationship between mathematics teaching anxiety and mathematics anxiety. The New Educational Review, 23(1), 213-226.

Siroj, R. A. (2003). Kecemasan Matematika (mathematics anxiety) dan Hubungannya dengan Prestasi Matematika. Majalah MASA, 13(10), 1–9.

Suan, J. S. (2014, 4-5 March). Factors Affecting Underachievement in Mathematics. Paper presented at the Global Summit on Education GSE 2014, Kuala Lumpur, Malaysia. https://www.worldconferences.net/proceedings/gse2014/toc/papers_gse2014/G%20010%20-%20%20JOEFEL_Factors%20Affecting%20Underachievement%20in%20Mathematics_read.pdf

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Swars, S. L., Daane, C. J., & Giesen, J. (2006). Mathematics anxiety and mathematics teacher efficacy in elementary pre-service teachers. School Science and Mathematics, 106(7), 306–315. https://doi.org/10.1080/10476210802250133

Wilson, S. (2009). “ Better You Than Me ”: Mathematics Anxiety and Bibliotherapy in Primary Teacher Professional Learning . Crossing Divides: Proceedings of the 32nd Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia (Vol. 2)., 2, 603–610. http://www.merga.net.au/documents/Wilson_RP09.pdf

Young-Loveridge, J. (2009). Two Decades of Mathematics Education Reform in New Zealand: What Impact on the Attitudes of Teacher Education Students? , Mathematics Education Research Group of Australasia, 705–712.

Yuliani, R. E., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2019). Analysis of mathematics anxiety of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 042053. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042053

PlumX Metrics

Published
2020-05-15
How to Cite
Heru, H., Yuliani, R. E., & Nery, R. S. (2020). Kecemasan mengajar matematika mahasiswa calon guru dalam melakukan praktik mengajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14308