-
Darmadi Darmadi
IKIP PGRI Madiun
Abstract views: 351
,
PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 364
Abstract
Mahasiswa laki-laki calon guru matematika tidak sedikit yang mengalami kesulitan dalammemahami definisi formal barisan konvergen. Umumnya definisi formal tersebut dihafalkan,sehingga tidak mempunyai pembayangan mental tentang definisi formal barisan konvergen.Untuk mendapatkan pembayangan mental tersebut, mahasiswa perlu berpikir visual.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan profil berpikir visual mahasiswa laki-laki calonguru matematika dalam memahami definisi formal barisan konvergen. Penelitian inimenggunakan metode deskriptif-eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiandiambil dari program studi pendidikan matematika FP MIPA IKIP PGRI Madiun. Datapenelitian dikumpulkan menggunakan metode wawancara berbasis tugas dengan formatsemi-terstruktur. Data penelitian divalidasi dengan menggunakan triangulasi waktu. Datapenelitian dianalisis dengan kategorisasi, reduksi, paparan, interpretasi, dan penarikankesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan profil berpikir visual mahasiswa laki-laki calon gurumatematika dalam memahami definisi formal barisan konvergen; yaitu: a) Untuk memahamidefinisi formal barisan konvergen dengan menggunakan visualisasi, mahasiswa laki-lakimengenali, membayangkan, memperlihatkan (memperlihatkan gambaran definisi,memperlihatkan atribut definisi), dan menyimpulkan. Untuk mengenali, mahasiswa laki-lakimeringkas definisi dan menjabarkan yang bisa dijabarkan. Untuk membayangkan,mahasiswa laki-laki membuat rumus barisan umum, membuat tabel bantu, dan membuatgambaran umum. Untuk memperlihatkan gambaran definisi, mahasiswa laki-laki membuatrumus barisan khusus, tabel bantu, dan mengeplotkan anggota barisan. Untukmemperlihatkan atribut definisi, mahasiswa laki-laki menentukan nilai , menentukan nilai ,menentukan nilai ( ), menggambar garis ( ), dan menggambar garis . Untukmenyimpulkan, mahasiswa laki-laki mencocokkan dan membuat kesimpulan; b) Rangkaianaktivitas atau kegiatan berpikir visual mahasiswa laki-laki calon guru matematika dalammemahami definisi formal barisan konvergen adalah memunculkan pembayangan mental,mengolah (menentukan, menyempurnakan) pembayangan mental, dan memanfaatkanpembayangan mental. Untuk memunculkan pembayangan mental, mahasiswa laki-lakimemanggil atau membuat pembayangan mental. Untuk menentukan pembayangan mental,mahasiswa laki-laki mengumpulkan dan memilih pembayangan mental. Untukmenyempurnakan pembayangan mental, mahasiswa laki-laki membenarkan ataumelengkapi pembayangan mental. Untuk memanfaatkan pembayangan mental, mahasiswalaki-laki menggunakan atau merepresentasikan pembayangan mental. Pemrosesanpembayangan mental sesuai dengan tujuan dan kebutuhan aktivitas untuk memahamidefinisi formal barisan konvergen, seperti pada aktivitas menggambarkan gambaran umum,membuat rumus barisan khusus, mengeplotkan, menentukan nilai , menggambar garis( ), dan menggambar garis .
How to Cite
Darmadi, D. (2015). PROFIL BERPIKIR VISUAL MAHASISWA LAKI-LAKI CALON GURU MATEMATIKA DALAM MEMAHAMI DEFINISI FORMAL BARISAN KONVERGEN. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/231
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License