Pengembangan Multimedia Game Pembelajaran Matematika SMP
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan multimedia game pembelajaran matematika pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah I Palembang. Tujuan penelitian ini adalah; 1) menghasilkan multimedia game pembelajaran matematika siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama yang valid; 2) menghasilkan multimedia game instruksional matematika siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama yang praktis; 3) menghasilkan multimedia game instruksional matematika siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama yang memiliki efek potensial. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu: a) tahap penelitian pendahuluan (preliminary research); b) tahap prototipe (prototyping phase); c) tahap penilaian (assessment phase). Berdasarkan data yang peneliti peroleh dari field test dapat disimpulkan bahwa prototype 3 yang sedang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan yang baik dengan rata-rata nilai hasil analisis angket siswa adalah 83,33 (kategori baik) dan rata-rata nilai hasil analisis observasi adalah 85 (kategori baik). Sementara itu, ditinjau dari efek potensial yang ditimbulkan oleh multimedia interaktif termasuk dalam kategori sangat baik dengan hasil analisis rata-rata nilai siswa adalah 92,29 dan seluruh siswa dinyatakan tuntas karena berdasarkan hasil tes, nilai seluruh siswa di atas nilai criteria ketuntasan minimal (KKM >= 60 )
References
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (1996). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersy: Prentice-Hall, Inc.
Hudoyo, H. (1990). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Kapp, K. M. (2012). The Gamification of Learning and Instruction; Game Based Method and Strategies for Training and Education. San Francisco: Pfeiffer.
Kemdikbud. (2014). Permendikbud No. 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemdikbud.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Plomp , T. (2010). Educational Design Research: an Introduction. In J. v. Akker, B. Bannan, A. E. Kelly, N. Nieveen, & T. Plomp, An Introduction to Educational Design Research. Netherlands: Netzodruk.
Ruseffendi, E. (2006). Dasar-dasar Matematika Modern: untuk Guru. Bandung: Trasito.
Ruseffendi, E. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Trasito.
Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Salen, K., & Zimmerman, E. (2004). Rules of Play: Game Design Fundamentals. London: The MIT Press.
Tessmer, M. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluations; Improving the Quality of Education and Training. London: Britsh Library.
Wardani, S. (2004). Permasalahan Kontekstual Mengenalkan Bentuk Aljabar di SMP. Naskah Paket Pembinaan Penataran. Yogyakarta: PPPPG Matematika.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License