Pengaruh model pembelajaran numbered head together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Weru Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sederhana. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Weru Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019 yang terbagi menjadi 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara cluster random sampling subjek penelitian terdiri 2 kelas yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa, materi pembahasan dalam penelitian ini adalah teorema pythagoras. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda, dengan kata lain ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Weru tahun ajaran 2018/2019 Kabupaten Sukoharjo.
References
Exacta, A.P., & Farahsanti, I. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JP2M), 2(2), 1-13.
Hamdayama. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hamdu, G. & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81-86.
Hariastuti, R. M. (2017). Permainan Tebak-Tebakan Buah Manggis: Sebuah Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 25-35. DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i1.776
Hidajat, D., Susilowati, D. & Wulandari, A. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Miniatur Mobil Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3(1). 14-22.
Isjoni. (2009). Cooperatif Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Jatmiko, J., Santia, I., & Setyaningrum, D. (2016). Eksperimen model pembelajaran think pair share ditinjau dari kecerdasan interpersonal peserta didik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1). Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/393
Mahendra, I. W. E. 2017.Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika.JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1).106-114.
Masrurotullaily, M., Hobri, H., & Suharto, S. (2013). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika keuangan berdasarkan model polya siswa SMK Negeri 6 Jember. KadikmA, 4(2).129-138.
Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.
Sujayanti, L. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Dengan Menerapkan Metode Kooperatif STAD Pada Bidang Studi Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sawahan Kecamatan Panggul Trenggalek Semester II Tahun 2013/2014. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (JUPEDASMEN), 2(1), 237-243.
Tiara, D. G., (2013). Pengaruh Pembelajran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Respon. Pada Konsep dan Perubahannya. Antologi, 1(1), 1-13
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Kencana.
Utami, T., Kristin, F., & Anugraheni, I., (2018). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV. JUSTEK | Jurnal Sains & Teknologi, 1(1), 82-88
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License