PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AN COMPOSITION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 GROGOL SUKOHARJO

  • Djatmiko Hidajat
Abstract views: 152 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 201

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaranCooperatif Integrated Reading And Compositionterhadap prestasi belajar matematika padasiswa kelas VII SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015.Metodepengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi.Alat untuk metodedokumentasi adalah nilai ulangan tengah semester siswa kelas sampel sebagai nilaikemampuan awal sampel.Sedangkan metode tes alatnya adalah nilai prestasi belajar setelahperlakuan.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Sukoharjo.Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Sukoharjoyang terdiri dari 7 kelas dengan banyak 215 siswa.Dari populasi tersebut diambil 2 kelassebagai sampel.Yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelasVII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yangdigunakan adalah cluster random sampling.Analisis  data menggunakan uji t, diperoleh t
= 2,46091 dan ttabel = 2,0025  taraf signifikan α = 0,05. Karena thitung> t yaitu 2,46091>2,0025 maka H0tabel ditolak. Simpulannya adalah “Model pembelajaran Cooperatif IntegratedReading And Composition berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIISMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/ 2015.”.Kata kunci: prestasi belajar, model Cooperatif Integrated Reading And Composition,matematika. hitung

PlumX Metrics

Published
2015-11-04
How to Cite
Hidajat, D. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AN COMPOSITION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 GROGOL SUKOHARJO. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/238
Section
Artikel