Pengaruh model pembelajaran superitem berbantuan scaffholding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis

  • Ahmad Kausar Jaya UIN Raden Intan Lampung
  • Fredi Ganda Putra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Mujib Mujib Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Abstract views: 649 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 494
Keywords: model superitem, Scaffholding, kemampuan pemecahan masalah, matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model superitem berbantuan scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah cluster random sampling dengan 3 kelas yaitu kelas eksperimen 1 (kelas mendapat perlakuan model pembelajaran superitem berbantuan scaffolding), kelas eksperimen 2 (pembelajaran superitem saja) serta kelas kontrol (kelas mendapat perlakuan model konvensional). Uji hipotesis yang digunakan adalah anava 1 jalan sel tak sama. Hasil penelitian memperoleh bahwa ada perbedaan  kemampuan pemecahan maslah matematis pesertaa didik dengan menggunakan model pemebelajaran superiten berbantuan scaffolding. Selanjutnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran superitem berbantuan scaffholding sama dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran superitem. Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran superitem berbantuan scaffholding lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran konvensional. Selanjutnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran superitem sama dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran konvensional

References

Abidin, Z. (2012). Analisis kesalahan mahasiswa prodi pendidikan matematika fakultas tarbiyah IAIN Ar-Raniry dalam mata kuliah trigonometri dan kalkulus 1. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 183-196

Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–6.

Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100–108.

Anggraeni, D. (2013). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa smk melalui pendekatan kontekstual dan strategi formulate-share-listen-create (FSLC). Infinity Journal, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.20

ASTIWI, G. O. (2010). Penerapan model superitem dengan optimalisasi sesi latihan pada pembelajaran materi faktorisasi bentuk aljabar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-I SMPN 10 Mataram tahun pelajaran 2010/2011 (PhD Thesis). Universitas Mataram.

Chairani, Z. (2015). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 39–44.

Dewi, N. K. D. K., Riastini, P. N., & Pudjawan, K. (2017). Pengaruh model pembelajaran arias terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Candikusuma. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1-10.

Eni, E., Marli, S., & Margiati, K. Y. (2014). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Pembelajaran IPA dengan Media Realia Kelas IV Sdn 11 Tanjung Lokang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2).

Hamdi, S., & Abadi, A. M. (2014). Pengaruh motivasi, self-efficacy dan latar belakang pendidikan terhadap prestasi matematika mahasiswa PGSD STKIP-H dan PGMI IAIH. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 77–87.

Jatmiko, J., Santia, I., & Setyaningrum, D. (2016). Eksperimen model pembelajaran think pair share ditinjau dari kecerdasan interpersonal peserta didik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.29407/jmen.v2i1.393

Permatasari, B. I. (2014). Efektivitas penerapan model pembelajaran superitem dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMAN 11 Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2(1), 136–153. https://doi.org/10.24252/mapan.2014v2n1a10

Pratiwi, R. Y., Sukestiyarno, S., & Asikin, M. (2014). Pembentukan karakter dan pemecahan masalah melalui model superitem berbantuan scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1).

Rahman Saleh, M. (2016). Efektifitas strategi pembelajaran improve dan superitem terhadap penguasaan materi siswa pada mapel al-qur’an hadits di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun pelajaran 2016/2017. (PhD Thesis). STAIN Kudus.

Sukring, S. (2016). Pendidik dalam Pengembangan Kecerdasan Peserta Didik (Analisis Perspektif Pendidikan Islam). Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 57–68.

Sutarmi, N. W., Suharsono, N., & Warpala, I. W. S. (2013). Pengaruh pembelajaran Scaffolding terhadap Keterampilan Menulis Teks Recount Berbahasa Inggris dan Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Manggis. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 3.

Wildan, A., & Novtiar, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas XI SMA Istiqomah Bandung Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 45-50. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12001

Wulandari, P., Mujib, M., & Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok berbantuan Perangkat Lunak Maple terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 101–106.

Yulianti, T. (2011). Penerapan strategi pembelajaran peer lesson dengan superitem dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta) (PhD Thesis). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

PlumX Metrics

Published
2020-05-30
How to Cite
Jaya, A. K., Putra, F. G., & Mujib, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran superitem berbantuan scaffholding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 74-83. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.12518