Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Adopsi ‘PISA’

  • Ucik Fitri Handayani Universitas Negeri Malang
  • Cholis Sa’dijah Universitas Negeri Malang
  • Hery Susanto Universitas Negeri Malang
Abstract views: 2041 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1526
Keywords: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Soal Adopsi PISA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IX dalam menyelesaikan soal adopsi PISA di MTsN 6 Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan 4 subjek penelitian sesuai dengan Tingkat Berpikir Kreatif matematis (TBKM). Pengumpulan data menggunakan instrumen soal adopsi PISA domain change and relationship dan domain space and shape dan pedoman wawancara. Indikator pengkategorian kemampuan berpikir kreatif meliputi fluency, flexibility, dan novelty. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 1 siswa tidak kreatif, 22 siswa kurang kreatif, 2 siswa kreatif, tidak ada siswa cukup kreatif dan sangat kreatif. Terdapat perbedaan karakter siswa dalam menyelesaikan soal meskipun dalam level TBKM yang sama. Secara keseluruhan siswa berada pada level kurang kreatif, karena jarangnya pemberian soal non rutin, terbiasa menggunakan satu cara dalam penyelesaian dengan jawaban tunggal dalam pembelajaran.

References

Azhari, & Somakim. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1–12. Retrieved from https://bit.ly/2IlHoZH

Baeti, N. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika di SMP, 6(2), 13–29. Retrieved from https://bit.ly/2KOzPZA

Bidasari, F. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, II(1), 63–78.

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended, 3(2). Retrieved from https://bit.ly/2wuqZxj

Fitri. (2013). Skor PISA: posisi indonesia nyaris jadi juru kunci. Retrieved November 4, 2017, from https://bit.ly/2I39aed

Forrester, J. C. (2008). Thinking Creatively; Thinking Critically, 4(5), 100–105. Retrieved from https://bit.ly/2G1BNCp

Iswadi, H. (2018). Sekelumit Dari Hasil PISA 2015 Yang Baru Dirilis. Retrieved January 13, 2018, from https://bit.ly/2I3zGUz

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 58 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Retrieved from https://bit.ly/2EmXVan

Khamida, A. N., Irawan, E. B., & Susanto, H. (2017). Berpikir Kreatif Siswa Impulsif. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 1(1), 591–596. Retrieved from https://bit.ly/2rvK24j

Livne, N., Livne, O., & Wight, C. (2008). Enhancing Mathematical Creativity Through Multiple Solutions To Open-Ended Problems Online. ResearchGate, (February 2015). Retrieved from https://bit.ly/2KRQagm

Muthaharah, Y. A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ), 2(1), 63–75. Retrieved from https://bit.ly/2FVWAHB

Nadjafikhah, M., Yaftian, N., & Bakhshalizadeh, S. (2012). Mathematical creativity: Some definitions and characteristics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31(2012), 285–291. Retrieved from https://bit.ly/2K9KEVg

OECD. (2015). PISA 2015 assessment and analytical framework: mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. (OECD Publishing, Ed.). Paris. Retrieved from https://bit.ly/2KR289R

Sa’dijah, C. (2013). Kepekaan Bilangan Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual yang Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 20(2), 222–227. Retrieved from https://bit.ly/2FVdLJt

Silver, E. (1997). Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and problem posing. ZDM, 3, 75–80. Retrieved from https://bit.ly/2jNh6BJ

Siswono, T.Y.E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (1st Senatik) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang, 11–26. Retrieved from https://bit.ly/2KOoV6g

Siswono, T. Y. E. (2011). Level of student’s creative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Review, 6(7), 548–553. Retrieved from https://bit.ly/2rvAINS

Suastika, K. (2017). Mathematics Learning Model of Open Problem Solving to Develop Students ’ Creativity, 12(6), 569–577. Retrieved from https://bit.ly/2wsOLK4

Susilo, D. A., Ferdiani, R. D., & Murniasih, T. R. (2018). Peningkatan Berpikir Kreatif mahasiswa Melalui Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Media Manipulatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen penilaian hasil belajar matematika SMP: belajar dari PISA dan TIMSS. (PPPPTK Matematika, Ed.). Yogyakarta. Retrieved from https://bit.ly/2I5Lz8o

Wijaya, A., Heuvel-panhuizen, M. Van Den, Doorman, M., & Robitzch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks : An analysis of students ’ errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 555–584. Retrieved from https://bit.ly/2I4tc3z

Yhana Alfiana Devi Muthaharah, Kriswandani, E. P. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra Pendidikan Online, 2(1), 66. Retrieved from https://bit.ly/2FVWAHB

Yunianta, T. N. H. (2014). Hambatan Seseorang Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif matematis. Widya Sari, 16(2), 48–60. Retrieved from https://bit.ly/2KKrcQ5

PlumX Metrics

Published
2018-11-14
How to Cite
Handayani, U. F., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Adopsi ‘PISA’. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 143-156. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12109