Pengaruh Edukasi Pasar Modal, Pengetahuan Investasi, dan Kemampuan Finansial Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i1.26298Keywords:
Edukasi Pasar Modal, Pengetahuan Investasi, Kemampuan Finansial, Minat BerinvestasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi mahasiswa sebagai generasi muda berpotensi besar menjadi investor masa depan di pasar modal. Namun temuan menunjukkan partisipasi mahasiswa dalam investasi pasar modal masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelompok usia lainnya. Fenomena ini menimbulkan pertanyaan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa untuk berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi pasar modal, pengetahuan investasi, dan kemampuan finansial terhadap minat berinvestasi pada mahasiswa akuntansi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausalitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 30. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 188 responden yang merupakan mahasiswa akuntansi tahu 2021 sampai 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi pasar modal tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi, sedangkan pengetahuan investasi dan variabel kemampuan finansial berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi. Temuan dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa peningkatan pengetahuan investasi dan kemampuan finansial dapat menjadi faktor penting dalam mendorong minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal.
Downloads
References
Asrifah, Y. N., Rapini, T., & Riawan. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kemampuan Finansial, Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 281–292. https://doi.org/10.31294/eco.v6i2.13504
Barid, S. B., & Yudiantoro, D. (2023). Pengetahuan, Dan Kemampuan Finansial Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Saham Syariah Dengan Risiko Investasi Sebagai Variabel Intervening. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5, 479–495.
Burhanudin, Hidayati, S. A., & Putra, S. B. M. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MANFAAT INVESTASI, MOTIVASI INVESTASI, MODAL MINIMAL INVESTASI DAN RETURN INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram ). Distribusi - Journal of Management and Business, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.137
Data Output SPSS 30. (2025). Hasil Olahan Data Statistik Penelitian: Pengaruh Edukasi Pasar Modal, Pengetahuan, dan Kemampuan Finansial Terhadap Minat Berinvestasi Pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Data Penelitian. (2025). Hasil Data Penelitian: Pengaruh Edukasi Pasar Modal, Pengetahuan Investasi, dan Kemampuan Finansial Terhadap Minat Berinvetasi Pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Dewi, M. P., Tamansari, N. M., & Santini, N. M. (2020). Pengaruh Edukasi Pasar Modal Terhadap Persepsi Risiko Dan Minat Berinvestasi Masyarakat. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 12(1), 75–83. https://doi.org/10.22225/kr.12.1.1848.75-83
Febriyana, N., & Hwihanus. (2023). Pengaruh Edukasi Pasar Modal, Ekspektasi Return, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Pada Instrumen Pasar Modal. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 48–63. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i2.1174
Felisiah, E., & Natalia, E. Y. (2023). Analisis Pengetahuan Investasi, Return Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Akuntansi Kota Batam. ECo-Buss, 6(1), 287–300. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.804
Firdaus, R. A., & Ifrochah, N. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Politeknik Keuangan Negara Stan Di Pasar Modal. Jurnal Acitya Ardana, 2(1), 16–28. https://doi.org/10.31092/jaa.v2i1.1434
Jayengsari, R., & Ramadhan, N. F. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Motivasi Terhadap. EL-ECOSY: JURNAL EKONOMI DAN KEUANGAN ISLAM, 01(02).
KSEI. (2025). Statistik Pasar Modal Indonesia Pertumbuhan Investor. 1–17.
Negara, A. K., & Febrianto, H. G. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Business Management Journal, 16(2), 81. https://doi.org/10.30813/bmj.v16i2.2360
Nuria, M. S., Puspita, E., & Solikah, M. (2024). MOTIVASI INVESTASI PADA MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL ( STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ). 3, 706–716.
Oktavia, S. A., Mu’ayanah, R., & Hana, K. F. (2020). Pengaruh Edukasi, Manfaat, Rekomendasi Pasar Modal Syariah Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Febi Iain Kudus. BanKu: Jurnal Perbankan Dan Keuangan, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.37058/banku.v1i2.2062
Prihatin, K. S. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Saham Di Pasar Modal. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 18–36. https://doi.org/10.47080/progress.v5i1.1438
Rodhifan, M. B., Basalamah, M. R., & Rahmawati. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, MOTIVASI INVESTASI DAN KEMAMPUAN FINANSIAL TERHADAP MINAT INVESTASI. Riset, Jurnal Prodi, Manajemen Fakultas, Manajemen Unisma, Bisnis, 12(01), 510–518.
Taman, A. B., & Ihsanuddin, M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Kemampuan Finansial Terhadap Minat Mahasiswa dalam Investasi Saham Syariah. Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics, 6(1), 46–57. https://doi.org/10.58518/al-musthofa.v6i1.1678
Utami, S., & Hwihanus. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Akuntansi UNTAG Surabaya). Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 64–78. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i2.1175
Yuliati, R., Amin, M., & Anwar, S. A. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi, Modal Minimal Investasi, Pengetahuan Investasi, Dan Return Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 9(3), 32–48.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mareta Selvia Riswahyuning, Linawati, Badrus Zaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License