Gatotkaca Board Game: Media Permainan Slot Online Berbasis Kearifan Lokal Dengan Uji Akun Slot Demo

Main Article Content

Danastya Nurdwi Sukmadeva
Nora Yuniar Setyaputri
Yuanita Dwi Krisphianti
Restu Dwi Ariyanto

Abstract

 


Indonesia merupakan negara yang penuh dengan kekayaan salah satunya adalah keberagaman budaya. Budaya di setiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda dan budaya sangat erat kaitannya dengan masyarakat Indonesia. Salah satu contoh budaya adalah budaya wayang. Tokoh pewayangan Sang Gatotkaca, tokoh ini merupakan tokoh yang bijaksana, suka menolong, pemberani dan bertanggung jawab dan tokoh ini digambarkan melalui media permainan slot online untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa yang rendah. Melalui permainan slot ini diharapkan siswa mampu meningkatkan rasa percaya diri yang rendah sehingga nantinya dapat memiliki rasa percaya diri yang jauh lebih baik seperti tokoh Sang Gatotkaca dalam bentuk permainan. Hasil uji media menggunakan slot demo yang dilakukan dengan 2 orang penguji ahli materi dan 2 orang penguji ahli media mendapatkan hasil dari 10 indikator pada uji ahli ke 10 mendapatkan nilai D dan hasil untuk 23 indikator uji media mendapatkan hasil yang sama yaitu D atau mendapatkan relevansi tinggi dari kedua ahli. Dengan demikian apabila relevansi dari kedua ahli tinggi maka media Gatotkaca layak digunakan sebagai media layanan konseling, dan untuk tahap selanjutnya dapat dilanjutkan dengan uji coba media pada kelompok kecil.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section

Artikel

How to Cite

Sukmadeva, D. N., Setyaputri, N. Y. ., Krisphianti, Y. D., & Ariyanto, R. D. (2023). Gatotkaca Board Game: Media Permainan Slot Online Berbasis Kearifan Lokal Dengan Uji Akun Slot Demo. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 10(2), 146-155. https://doi.org/10.29407/nor.v10i2.20539

References

Yogi, P., Suttrisno, A., & Eko, D. A. M. (2024). Demo Slot Mahjong Melalui Akun Demo Pragmatic: Sebagai Upaya Peningkatan Maxwin. UNUGIRI: Indonesian Journal of Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6–11. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/mafaza/article/view/462

Aspi, M., Syahrini. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Tekonologi Pendidikan. Adiba: Jurnal Of Education, Vol 2 (1): 64-73. https://riset.unisma.ac.id/index.php/RINGME/scatterhitam

Aditya, P. T., (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Slot Gacor Berbasis Web Demo Pada Materi Scatter Hitam. Jurnal Matematika, Statistika, & Komputasi, Vol 15 (1): 64-74. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1200/uji

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol 2 (2).

Cahyanto, J. H., Angge, I. C. (2017). Tokoh Pewayangan Naga Sang Gates of Gatotkaca Sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Kriya Logam. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Vol 1000 (1): 1-8

Darmoko. (2015). Moralitas Jawa Dalam Wayang Kulit Purwa : Tinjauan Pada Lakon Laire Semar. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, Vol 5 (2). https://jurnalinstrumentasi.bsn.go.id/files/journals/1/articles/330/submission/original/330-1941-1-SM.html

Hajar, M. S., Minarti, E. D. (2019). Pengaruh Self-confidence Siswa SMP Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Majamath, Vol 2 (1). https://jurnal.usk.ac.id/depik/article/view/38898

Hapsari, J. M. (2011). Upaya Meningkatkan Self-confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Imkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta : 3 Desember 2011.

Kartika, R., Fasa, M. i., Suharto. (2022). Perkembangann Ekonomi Kreatif Dikalangan Generasi Millenial Muslim Dengan Melihat Peuang Di Kemajuan Zaman. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, Vol 77 (1).

Kusumastutik, D. R., Anindyarini, A., Rahadini, A. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Wayang Kulit Lakon Indrajit Anak Gunawan Sebagai Bahan Ajar Tingkat SMP. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa, Vol 88 (2).

Krisphianti, Y. D., Setyaputri, N. Y., & Gumilang, G. S. (2020). Validitas dan Reiabilitas Skala Psikologis Percaya Diri untuk Mengukur Tingkat Percaya Diri Siswa SMK Kota Kediri. Jurnal PINUS , 57-65.

Murniati, N. A.N., Setiyorini., Patonah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Moodle. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol 7 (2): 138-160.

Nahak, H. M. I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, Vol 5 (1): 65-76.

Prameswara, A., & Siswanto, R. (2016). Perancangan Board Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak. E-Proceeding of Art & Design, 423–430. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/zahra/article/view/3368/scatterhitam

Setyanugrah, F., & Setyadi, D. I. (2017). Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Mitigasi Kebakaran Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 8-12 Tahun Di Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni ITS. https://www.bbsis.org/sitemaps/

Setyaputri, N. Y., Ramli, M., & Mappiare-AT, A. (2016). Pengembangan Media Permainan “Roda Pelangi” untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa SMP dalam Menghadapi Ujian. Bimbingan dan Konseling: Jurnal Teori dan Praktik, 28(1), 38–46

Setyaputri, N.Y., Krisphianti, Y.D., & Nawantara, R.D. (2021). Badranaya: A Board Game to Enhance Prospective Multicultural Counselors’ Impartial Character. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol 6(1): 24-33. https://www.wenatcheepaddle.org/

Setyaputri, N.Y. & Hanggara, G.S. (2022). Permainan-permainan Baru dalam Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Depublish Publisher.

Syakhirani, A. W. (2022). Budaya dan Kebudayaan : Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Journal iaisambas, Vol 5 (1). https://uraniumconference.org/

Wahyudi, A., Bahri, S., Handayani, P. (2019). Aplikasi Pembelajaran Budaya. Jurnal Teknik Komputer, Vol 5 (1). https://mermaidfishrestaurant.com/

Waluya, A. K., Djamhoer, T. D. (2022).Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kematangan Karir Siswa SMK di Kota Cimahi. Bandung Conference Series: Psychology Science, Vol 2 (1): 372-379. https://norfolksar.org/

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>