Teknik Desensitisasi Sistematis (Systematic Desensitization) dalam Mereduksi Gangguan Kecemasan Sosial (Social Anxiety Disorder) yang dialami Konseli
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik desensitisasi sistematis dalam mereduksi gangguan kecemasan sosial yang dialami konseli. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas/ Layanan (PTK/PTL). Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus dengan hasil siklus pertama tercapai 40% ketercapaian indikator perubahan yang diinginkan. Pada siklus kedua terakumulasi pencapaian indikator perubahan sebesar 80% dan pada siklus ketiga semua indikator perubahan tercapai 100% dari data hasil pengamatan dan wawancara. Berdasarkan pencapaian perubahan indikator pada akhir sikus dapat diambil beberapa kesimpulan antara lain 1) Teknik disensitisasi sistematik efektif untuk mereduksi gangguan kecemasan sosial di sekolah; 2) Efektifitas teknik ini perlu ditunjang dengan penyaluran minat pada ekstrakurikuler, partisipasi guru dan teman serta keinginan kuat konseli untuk mengatasi gangguan yang dialaminya; 3) Konseli memiliki percaya diri rendah sehingga perlu diberikan motivasi; 4) Penyebab gangguan kecemasan yang bersifat menetap yaitu sakit asma dan trauma sulit dihilangkan sehingga gangguan kecemasan sosial ini dikhawatirkan akan muncul pada saat konseli menghadapi situasi yang mengancam.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Edy, Purwanto. 2016. Modul Guru Pembelajar Bimbingan dan Konseling untuk SMA-SMK. Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbud Republik Indonesia.
Lawrence, A. & Pervin, dkk. 2010. Psikologi Kepribadian Teori dan Penelitian (alih bahasa). Jakarta: Kencana.
Gavin Andrew, et all. 2003. The Treatment of Anxiety Disorder. The Edinburgh Building, Cambridge, United Kingdom: Cambridge University Press.
Hamid, Patilima. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
J.Wright, Robert. 2014. Research methods for Counseling: an introduction. United States of America: Widener University,SAGE Publications.
Fauzan, Lutfi. 2007. Systematic Desensitization: Prosedur pelemah pekaan berangsur terhadap Gangguan Phobia dan Kecemasan. Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang UPT Bimbingan dan Konseling.
Aryani, N. L. P.S., Suarni, Ni Ketut & Putri, D. A. W. M. 2014. Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Desensitisasi Sistematis untuk Meminimalisir Kecemasan Siswa dalam Menyampaikan Pendapat Kelas VIII 10 SMP Negeri 2 SingarajanTahun Pelajaran 2013/ 2014. Jurusan Bimbingan dan Konseling Undhiska, 2(1).
S. Hall., Calvin dan Gardner, Lindzey, Supratiknya A. (Ed.). 1995. Psikologi Kepribadian 1: Teori-teoriPsikodinamik (Klinis). Yogyakarta: Kanisius.
Savitri, Rahmaiah. 2003. Kecemasan Bagaimana Mengetahui Penyebabnya. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
Wela, Aswida, Marjohan, & Yarmis, Syukur. 2012. Efektifitas layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Siswa. KONSELOR, 1(2) 1-11.