PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN KOMIK ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Hasil belajar siswa ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah tersedianya media pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa untuk mempelajari materi pembelajaran dan dapat memahami konsep dari materi pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan media audiovisual dengan komik animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi dan untuk mengetahui sikap siswa terhadap media audiovisual dengan komik animasi tersebut. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Desaign. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trenggalek, pemilihan sampel dilakukan secara purposive, kelas XI IPS 1 dijadikan kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan media audiovisual dengan komik animasi, sedangkan kelas XI IPS 3 dijadikan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan, yaitu diajar menggunakan media audiovisual tanpa komik animasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan soal pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda dan uraian. Sedangkan untuk mengukur sikap siswa terhadap media audiovisual dengan komik animasi digunakan kuesioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar (gainscore) kelas kontrol sebesar 29.20 dan untuk kelas eksperimen sebesar 44.40. Melalui pengujian hipotesis dengan uji t independent sample diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.001 yang lebih kecil dari 0.05 taraf kesalahan yang bisa diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas kontrol dengan hasil belajar kelas eksperimen dan hasil penelitian ini mendukung argumen atau teori mengenai media audiovisual dengan komik animasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru seyogyanya menggunakan media audiovisual dengan komik animasi supaya kegiatan belajar mengajar tidak membosankan, dan untuk penelitian berikutnya yang ingin melanjutkan penelitian ini disarankan untuk menambah pengukuran untuk kemampuan psikomotor, bukan hanya kemampuan kognitif dan afektif saja.
Kata Kunci: Media Audiovisual, Komik Animasi, Hasil Belajar.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License