Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK

Main Article Content

Resti Rima Safitri
Atrup Atrup, Atrup
Guruh Sukma Hanggara

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di SMK Hang Tuah Kediri masih didominasi oleh keaktifan guru (konvensional). Berpikir kritis merupakan sebuah kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh semua siswa SMK. Untuk itu butuh upaya untuk mengembangkannya, salah satu upaya yang bisa dilakukan melalui layanan BK adalah dengan menggunakan teknik problem solving. Sehingga peneliti memandang perlu untuk mengetahui keefektifan teknik problem solving dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan one group pretest posttest design dengan subyek penelitian siswa SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri kelas X Nautika A. Berdasarkan skor pretest, tingkat berpikir kritis siswa di SMK Pelayaran Hang Tuah perlu ditingkatkan. Hasil penelitian yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon didapati hasil taraf signifikansi sebesar 0,007 dengan batas signifikansi rtabel sebesar 5% atau 0,05. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa teknik Problem Solving dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Kelas X Nautika A Tahun 2015/2016 terbukti efektif”.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Safitri, R. R., Atrup, A., & Hanggara, G. S. (2018). Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(2), 83–88. https://doi.org/10.29407/nor.v5i2.13079
Section
Artikel

References

Kurniawati, E.F. 2008. Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model pembelajaran Problem Solving Dalam pembelajaran Matematika. (Online). Tersedia: http://eprints.ums.ac.id, diunduh 15 November 2015 pukul 13.45.
Liberna, H. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. (Online). Tersedia:http://www.unindra.ac.id, diunduh 12 November 2015 pukul 19.20.
Patmawati, H. 2011. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis siswa pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dengan metode praktikum. (Online). Tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id, diunduh 12 November 2015 pukul 19.20.
Tijayanti, I. 2013. Keefektifan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Pkn Untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Nasionalisme Di SMA Negeri 1 Suela Lombok Timur. (Online). Tersedia: journal.uny.ac.id, diunduh 12 November 2015 pukul 19.04