Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di SMK Hang Tuah Kediri masih didominasi oleh keaktifan guru (konvensional). Berpikir kritis merupakan sebuah kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh semua siswa SMK. Untuk itu butuh upaya untuk mengembangkannya, salah satu upaya yang bisa dilakukan melalui layanan BK adalah dengan menggunakan teknik problem solving. Sehingga peneliti memandang perlu untuk mengetahui keefektifan teknik problem solving dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan one group pretest posttest design dengan subyek penelitian siswa SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri kelas X Nautika A. Berdasarkan skor pretest, tingkat berpikir kritis siswa di SMK Pelayaran Hang Tuah perlu ditingkatkan. Hasil penelitian yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon didapati hasil taraf signifikansi sebesar 0,007 dengan batas signifikansi rtabel sebesar 5% atau 0,05. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa teknik Problem Solving dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Kelas X Nautika A Tahun 2015/2016 terbukti efektif”.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Liberna, H. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. (Online). Tersedia:http://www.unindra.ac.id, diunduh 12 November 2015 pukul 19.20.
Patmawati, H. 2011. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis siswa pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dengan metode praktikum. (Online). Tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id, diunduh 12 November 2015 pukul 19.20.
Tijayanti, I. 2013. Keefektifan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Pkn Untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Nasionalisme Di SMA Negeri 1 Suela Lombok Timur. (Online). Tersedia: journal.uny.ac.id, diunduh 12 November 2015 pukul 19.04