Workshop Optimalisasi Kompetensi Numerasi Guru Sekolah Dasar Negeri Bandar Lor 3 Kota Kediri

Authors

  • Nurita Primasatya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Karisma Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ilmawati Fahmi Imron universitas nusantara PGRI Kediri
  • Karimatus Saidah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Farida Nurlaila Zunaidah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Siken Agil Wiganata Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Gafarudin Fauzi Maulana Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v4i2.24254

Keywords:

Numeracy, mathematics, learning outcomes

Abstract

Masalah yang muncul di SDN Bandar Lor 3 Kediri yakni 1) rendahnya kompetensi numerasi guru SD yang belum memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep dasar numerasi atau kesulitan dalam menyampaikan materi numerasi secara efektif kepada siswa, 2) kurangnya variasi metode pembelajaran numerasi: Guru cenderung menggunakan metode pembelajaran yang monoton, sehingga siswa kurang tertarik dan termotivasi dalam belajar matematika, 3) rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Oleh sebab itu dilakukan pengabdian kepada masyarakat guna mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan yakni prosedur pelaksanaan kegiatan dan teknik penyelesaian masalah. Instrumen yang dipakai adalah angket yang disebarkan melalui google form. Hasil yang didapatkan dari angket bahwa 100% guru memahami materi yang dijelaskan oleh narasumber dan guru mampu mengaplikasikan materi numerasi kepada siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil angket tersebut dapat dikatakan bahwa workshop yang dilaksanakan oleh tim pengabdian kepada masyarakat berhasil dengan hasil yang memuaskan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724

Bransford, J. D. A., Brown, & R. Cocking. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. National Research Council.

Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan Dalam Penelitian Dan Metode Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 160–173. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4198

Dewi., P & Somardi. (2016). Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan AwalMatematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS. Jurnal Managemen Pendidikan. 11(2). 155-167. Retrieved from.https://doi.org/10.23917/jmp.v11i2.2862

Forgasz, H. J., & Hall, J. (2019). Learning about numeracy: The impact of a compulsory unit on pre- service teachers’ understandings and beliefs. Australian Journal of Teacher Education, 44(2), 15–33. https://doi.org/10.14221/ajte.2018v44n2.2

Gardner, H. (1983). Frames of mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.

Gusteti, M. U., & Nevriyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statitiska, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15

Johnson, D. ., & Johnson, R. (1999). Learning together and alone: Cooperative, competitive, and individualistic learning (5th ed.).

Ma, L. (1999). Knowing and Teaching Elementary Mathematics: Teacher’s Understanding of Fundamental Mathematics in China and the United States. Lawrence Erlbaum Associates. https://doi.org/9781410602589

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 1–6.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics (NCTM (ed.)).

OECD. (2018). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do. OECD Publishing.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, N. 22 T. 2020. (2020). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (p. 174).

Piaget, J. (1970). Piaget’s theory. P. H. Mussen (Ed.), Carmhicael’s Manual of Child Psychology, 1, 703–732.

Primasatya, N., & Nur’aini, S. C. (2024). Analisis Kebutuhan Media Congklak Ekspresif Berbasis Etnomatematika Untuk Menumbuhkan Numerasi Siswa Kelas. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 1113–1119.

Putri, K. E., Nurmilawati, M., & Zunaidah, F. N. (2023). Developing an Integrated Mathematics and Science Module with Merdeka Curriculum for Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5573–5582. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3681

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Kelas, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Saidah, K., Dardiri, A., & Fauziah, P. (2025). Can epistemic belief predict the pedagogical belief of prospective elementary school teachers? Journal of Education and Learning, 19(1), 63–71. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21340

Samijo, S., Wenda, D. D. N., Jatmiko, J., & Handayani, A. D. (2023). Multimedia pembelajaran berbasis learning trajectory untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV sekolah dasar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 11(2), 118–131. https://doi.org/10.30738/wd.v11i2.16411

Santia, I., Darsono, Nurfahrudianto, A., Handayani, A. D., & Puspitoningrum, E. (2023). Increasing Student Numeracy Ability Through Learning E-Module Statistics Integrated with Flipbook and Augmented Reality. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(2), 111–119.

Siahaan, M. M. L., Hijriani, L., & Toni, A. (2022). Identifikasi Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Pada Siswa Sma Kelas Xi Smas Warta Bakti Kefamenanu [Identification of the Numerical Literacy Ability of Grade 11 Students At Warta Bakti Kefamenanu High School Using th. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 178–190. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.5751

Soenarko, B., Aditia Wiguna, F., Eka Putri, K., Primasatya, N., Kurnia, I., Fahmi Imron, I., Damayanti, S., & Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, P. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas untuk Guru Sekolah Dasar pada Anggota Gugus 2 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS, 1(2), 96–106. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM

Susanto, A. (2015). Pendidikan Matematika: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Bumi Aksara.

Yudha, C. B., Kusuma, A. P., S., E. P., S., I., & W., E. R. (2024). Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Berbasis Digital Bagi Guru Sekolah Dasar. Journal of Social Outreach, 3(1), 22–30. https://doi.org/10.15548/jso.v3i1.8325

Zulkardi. (2008). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Pendekatan untuk Membangun Pemahaman. PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-12-30

How to Cite

Primasatya, N., Putri, K. E., Imron, I. F., Karimatus Saidah, Zunaidah, F. N., Wiganata, S. A., & Maulana, G. F. (2024). Workshop Optimalisasi Kompetensi Numerasi Guru Sekolah Dasar Negeri Bandar Lor 3 Kota Kediri. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 4(2), 69–82. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v4i2.24254

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)