Pengenalan dan Penerapan Literasi Budaya melalui Program Campus On Duty (CoD)
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v3i1.20509Keywords:
applicaton, cultural literacy, campus on dutyAbstract
Since the establishment of the Covid-19 pandemic alert, the government has made recommendations to carry out all activities at home, including teaching and learning activities in schools. Home learning that is carried out online using a mobile phone has the effect of gadget addiction on children. This has an impact on patterns of social interaction in children which have an effect on lowering cultural literacy in children. Based on this problem, the COD (Campus On Duty) TEAM is trying to assist the implementation of cultural literacy in several schools in the Kediri district. The PKM program activities include 4 stages, namely the preparation, implementation, program evaluation, and reporting stages. The target to be achieved is the application of cultural literacy through simple activities and traditional games to rebuild students' patterns of social interaction. The result of this PKM is cultural literacy assistance which has been carried out in several schools in the Kediri district
Downloads
References
Daring, P. (2020). DARING SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN SELAMA MASA KARANTINA COVID-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45. https://doi.org/10.1007/978-9-1-007-49-78-8 170
Febrilia, B. R. A. (2019). Profil Kemampuan Guru Dalam Merancang Soal/Permasalahan Matematika Ditinjau Dari Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 73–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.859
Hikmawati, S. A. (2020). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DARINGDALAM PERKULIAHAN BAHASA ARAB DI INSTITUT AGAMA ISLAMSUNAN KALIJOGO MALANG. Muhadasah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 75–87. http://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/152/125
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian, 7(1), 65–80. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442
Sudrajat, T., Komarudin, O., Ni’mawati, N., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 317–347. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3960178
TIM Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). MATERI PENDUKUNG LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN. Kemendikbud.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0