Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Blitar
Abstract
Advances in science and technology have affected the use of teaching aids in schools. Learning in schools is adapted to the development of information technology, resulting in changes and shifts in the paradigm of education, especially the use of learning media. The purpose of this service is to provide knowledge and skills in utilizing information technology to elementary school teachers to support all teaching and learning activities, train elementary school teachers to be able to utilize information technology in every activity, and increase expertise in making presentation materials, learning media and information management. The partners of this service activity are all teachers at SDN Kendalrejo 01, Talun, Blitar. The methods used were lectures, demonstrations, and questions and answers. The results of this activity, namely the implementation of this service activity, are said to have been achieved because most of the teachers who have attended the training activities and succeeded in making an interactive learning media according to the subjects taught at school.
Downloads
References
Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Paud dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol, 3(04). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151
Hujair. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Muhson. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
Miftah, M. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran untuk peningkatan kualitas belajar siswa. Kwangsan, 2(1), 286949.
Munib, A. (2004). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.
Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102– 109.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 33-47.
Salmiah, Fatah & Purnamawati. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Penerapan Konsep Mutu Hasil Pertanian. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol. 2 (1), 51-56
Samsuri, T., Muliadi, A., Muhali, M., Asy'ari, M., Prayogi, S., & Hunaepi, H. (2021). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 64-69. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2745
Soemantri, S. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64-69.
Sutisna, U., Elkarimah, M. F., & Asma, F. R. (2021). Pengembangan kompetensi profesional guru PAI melalui pemanfaatan teknologi informasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 43-48. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2629
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178.
Wardinur, W., & Mutawally, F. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pendukung Pembelajaran di MAN 1 Pidie. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2), 167-182.
Wijaya, F., & Ferdinandus, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan WebBlog bagi GuruGuru Smp Negeri 10 Ambon Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT JAMAK, 3(1), 217-223
Copyright (c) 2024 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0