Pelatihan Tari Topeng Kreasi Sebagai Ketrampilan Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Jombang

  • Bagus Amirul Mukmin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kukuh Andri Aka Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mumun Nurmilawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Farida Nurlaila Zunaidah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Erwin Putera Permana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lika Fanisia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rosita Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 88 , pdf downloads: 49
Keywords: Pelatihan tari topeng kreasi, ketrampilan psikomotorik

Abstract

PKM ini dilaksanakan di salah satu SDN yang berada di kabupaten Jombang dengan target siswa Sekolah Dasar. PkM bertujuan memberikan Pelatihan terhadap siswa tentang Tari Topeng Kreasi sebagai Ketrampilan Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar. Dengan adanya pelatihan ini siswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru bagaimana gerak dari tari topeng kreasi untuk meningkatkan ketrampilan psikomotorik yang variatif dan inovatif, dengan pelatihan ini siswa sekolah dasar juga dapat belajar untuk menonjolkan bakat yang ada dalam diri mereka. Karena di zaman modern ini dimana teknologi semakin canggih dan pesat, maka dari itu banyak sekali budaya-budaya dari negara asing masuk ke negara Indonesia. Dampaknya yaitu banyak orang-orang yang mulai meninggalkan dan melupakan budayanya sendiri. Sebagian besar siswa SD pasti tidak mengenal berbagai jenis tarian local yang ada di Indonesia tetapi mereka lebih mengenal dan mengetahui budaya luar yang mana itu bukan bagian dari budaya daerah negara Indonesia. Selain itu masih banyak sekolah dasar yang belum melatih ketrampilan psikomotorik, padahal hal itu sangat penting untuk dilakukan agar siwa dapat mengenal jenis-jenis tarian daerah yang ada di indonesia, dapat mengetahui gerak dan teknik dasar dari tari daerah, serta dapat juga ikut melestarikan tarian-tarian daerah yang ada di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Saekan, Mukhamad. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Nora Media Enterprise, Kudus, Hamidi. 2024. Metode Penelitian Kualitatif, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Nursyam, Y. (2017). PELATIHAN SENI TARI GUNA MENINGKATKAN WAWASAN DAN KETERAMPILAN GURU SENI BUDAYA SMP SE-KAB. LIMA PULUH KOTA. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1).

Depalina, S., Nur, K., & Wahyuni, A. (2021). WAWASAN SENI TARI BAGI CALON PENDIDIK ANAK USIA DINI. JURNAL TILA (Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal), 1(1), 40-56.

Mazhud, N. (2020). Pelatihan Gerakan Dasar Tari Tradisional dalam Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa Kelas X SMA LPP UMI. Madaniya, 1(4), 190-201.

Miranti, K., Rusyadi, A., & Fahmi, F. (2022). Melatih keterampilan psikomotorik siswa melalui penggunaan lembar kerja siswa (LKS). Journal of Banua Science Education, 2(2), 93-98.

PlumX Metrics

Published
2024-01-03
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>