Pelaksanaan Program PDS (Penerjunan Dosen ke Sekolah) sebagai Upaya Kolaborasi LPTK dengan Sekolah Mitra, Penguatan Kompetensi Profesionalisme Dosen Prodi PGSD UPY dan Pemecahan Permasalahan Sekolah Mitra SD Muhammadiyah Wirobrajan 2 Yogyakarta
Abstract
The purpose of this activity is to 1) approach self-approach between lecturers and partner schools to be able to carry out collaborative activities, 2) equip the lecturers with problem-solving skills in the field, 3) training lecturers to design a lesson that is expected to help solve partner school problems, 4) help solve problems faced by partner schools.
The method of carrying out this activity is the discussion method, collaboration between lecturers and school principals and partner teachers and carried out through direct teaching practice in grade third of Muhammadiyah Wirobrajan 3 Elementary School by the PDS implementing lecturer, namely Taufik Muhtarom, M.Pd from Yogyakarta PGRI University. This program is carried out for 3 weeks starting from 10-30 November 2022.
The result of this activity is that the implementation of lecturers' deployment to schools is able to improve the collaboration skills of lecturers and partner teachers for solving problems in class directly. The learning model offered by the implementing lecturer as a solution to problem solving in partner classes, namely the CTL learning model and the role playing learning model is able to increase student participation and involvement in learning, increase understanding of learning material and make students more motivated in participating in the learning process in class.
Downloads
References
Depdiknas. (2003). Pembelajaran dan pengajaran kontekstual. Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Djamarah, S, B. dan Aswan, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Hasibuan, I. (2014). Model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning). Logaritma, II(01), 1–12. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/viewFile/214/195
Khomsah, R., Anjarini, T., Purworejo, U. M., & Purworejo, U. M. (2021). Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas v. 2(1), 54–59. https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/download/91/35
Kristin, F., & Artikel, I. (2018). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar ips. Jurnal refleksi edukatika, 8(2), 170–176. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/download/2356/1355
Rahmawati, T. (2018). Penerapan model pembelajaran ctl untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 12–20. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=836092&val=13526&title=PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPA
Sapta, A. (2018). Penerapan Model Ctl Dalam Meningkatkan Kemampuan Pelanaran Matematika. Seminar Nasional Royal (SENAR), 3(1), 657–660. https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/senar/article/view/274/214
Sari, F. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa sd pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran role playing. Ejournal UKSW, 34(1), 62–76. https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/download/1603/1025
Copyright (c) 2023 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0