Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Karakter Religius Menggunakan Canva Di SDN Tanon 2
Abstract
Religious character is an important thing that must be instilled in students in current developments, especially in elementary school (SD) settings. Efforts to develop learning media related to religious characters have been carried out, one of which is based on information technology. Learning media innovations that are developed must pay attention to creative content packaging so that students can easily understand the material presented. Implementation in the field shows that the mastery of information technology in SDN Tanon 2 teachers is not optimal. The teacher has a strong motivation to learn to make learning media but there is no accompanying facilitator. Of course, this will affect the media content and the process of delivering maximum material to students. From this problem, a scheduled training forum for elementary school teachers is needed to develop good and interesting learning media. The method of service activities is carried out by carrying out webinar series activities, training in making learning media, and evaluation. The results of the service activities show that the trainees can improve competence in developing learning materials with the Canva application.
Downloads
References
Arofah, L., Andianie, S., & Ariyanto, R. (2021). Skala Karakter Religius Sebagai Alat Ukur Karakter Religius Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6 (2), 16-28. https://doi.org/10.29407/pn.v6i2.14992
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Inanna. (2018). Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Bangsa yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(1), 27-33. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057
Kusdyah, I.R. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: Andi
Nursalim, M. (2013). Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Penerbit Unesa University Press.
Rahmatullah, Inanna & Ampa (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol. 12(2), 317-327. http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179
Rivai & Sagala. (2011).Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rohmanurmeta, Harsanti, & Widyaningrum. (2016). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4(2), hal. 10-20), http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179
Copyright (c) 2021 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0