PELATIHAN PEMBUATAN SOAL KOGNITIF MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA GURU SDN LIRBOYO 1 DAN SDN LIRBOYO 2

  • Nurita Primasatya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kharisma Eka Putri
  • Kukuh Andri Aka
  • Wahid Ibnu Zaman
  • Sutrisno Sahari
  • Novi Nitya Santi
  • Dhian Dwi Nurwenda
  • Rian Damariswara
  • Ilmawati Fahmi Imron
  • Zahara Violina Afya
  • Arim Septiawan
Abstract views: 249 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 193
Keywords: Pelatihan, Kahoot, Evaluasi

Abstract

Kahoot merupakan salah satu media pembuatan soal secara online. Guru dapat menentukan model soal sesuai dengan kebutuhan belajar siswanya, seperti menggunakan model pilihan, ganda, benar salah, puzzle dan lain sebagainya. Guru dapat menampilkan gambar, audio bahkan video dalam soal yang telah dibuat. Siswa dapat mengerjakan soal melalui link yang dibagikan oleh guru tanpa mengunduh aplikasi. Guru juga dimudahkan karena tidak perlu mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Hal ini menjadikan proses evaluasi lebih efisien dari segi waktu dan pengadministrasian. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan bagi guru SDN Lirboyo 1 dan 2 Kediri ialah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru agar guru dapat menyusun soal dengan tampilan yang menarik menggunakan aplikasi kahoot. Hasil dari pengabdian masyarakat menunjukkan 78% guru telah mengimplementasikan pembuatan soal menggunakan aplikasi kahoot, artinya kegiatan pelatihan telah terlaksana dengan baik. Hasil questioner menunjukkan bahwa aplikasi mudah digunakan namun memiliki kendala khususnya dalam penggunaan  aplikasi versi gratis yang memiliki model soal yang terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1) Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis.
2) Huang, R., Chen, G., Yang, J., &. Loewen. 2013. The New Shape of Learning: Adapting to Social Changes in The Information Society. edited by R.Huang &J.M Spector. Springer.
3) Huang, R. H., D. J. Liu, A. Tlili, J. F. Yang, and H. H. Wang. 2020. “Handbook on Facilitating Flexible Learning during Educational Disruption: The Chinese Experience in Maintaining Undisrupted Learning in COVID-19 Outbreak.” in Smart Learning Institute of Beijing Normal University UNESCO.
4) Saidah, Karimatus. 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pengenalan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di SDN Burengan 2 Kota Kediri.” Journal of Chemical Information and Modeling.

PlumX Metrics

Published
2021-12-30
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)