PENGEMBANGAN LITERASI LINGKUGAN SEKOLAH BERBASIS KOLABORASI STAKE HOLDER SEBAGAI PILOTING PROJECT DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v1i2.16918Keywords:
School literation, Eco School, Piloting ProjectAbstract
Environmental literacy is an attitude of literacy or love of environment so that there is a responsibility to maintain the existence of all natural resources. Currently, environmental damage is getting worse, so a collaborative integrative strategy for schools is needed to develop environmental literacy with stakeholders. The purpose of this community service activity is to provide the knowledge, create the awareness and strengthen the empowerment of teachers, lecturers, students, staff and parents in order to realize the eco-school concept in elementary schools. The method of this collaborative activity is in the form of training for teachers and staff. It is implemented byplanting trees in the school environment as a starting point for realizing the concept of eco school in elementary schools. The real impacts of collaborative activities through community service activities are; (1). Introducing the concept of eco school as an alternative to realize environmental literacy in elementary schools (2). Expanding the knowledge and skills of teachers in designing environmental-based learning activities and school programs (3). Building collaboration in realizing an Environmental-based school through the Eco School concept at partner elementary schools.
Downloads
References
Agusta, K., Daniel, D., & Parida Lusila. (2021). Pengembangan literasi lingkungan untuk membangun sekolah sehat dan hijau di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Jurnal Abdidas, 2(2), 223–230. https://doi.org/10.31004/ABDIDAS.V2I2.243.
Darsiharjo. (2013). Peran lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter bangsa pada proses pembelajaran geografi. Geoedukasi, 2(1), 1–5.
Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.15408/SD.V2I1.1661.
Karmilasari, V., Putri, D. S., & Faedlulloh, D. (2020). Strategi Program Eco-School Dalam Menghadirkan Karakter Peduli Lingkungan. Administratio: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 11(2), 129–139. https://doi.org/10.23960/ADMINISTRATIO.V11I2.165.
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi lingkungan dalam kurikulum 2013 dan pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(2), 57–64. https://doi.org/10.31002/NSE.V1I2.255.
Nurkolis, Rini, S., & Fenny Roshayanti. (2020). Manajemen sekolah berbasis literasi lingkungan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah. Jurnal Administrastrasi Pendidikan, 27(1), 11–23. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/24393/pdf.
Parida, L., Sirhi, S., & Dike, D. (2020). Habituasi Karakter Unggul Siswa Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Kabupaten Sintang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(1), 1–20. https://doi.org/10.12928/jpsd.v7i1.14017.
Purwo, S. (2017). Peran gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran kreatif-produktif di sekolah dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(1), 85–103.
Saleh Choirul. (2020). Konsep,pengertian dan tujuan kolaborasi (1st ed., Vol. 1). UT. https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/DAPU6107-M1.pdf.
Wening, S. (2012). Pembentukkan karakter bangsa melalui pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 55–66. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1452
Widianingsih, W. M., Karyanto, P., Prayitno, B. A., & Irawati, M. (2017). Pembelajaran Lingkungan melalui pengembangan subjek spesifik berbasis problem based learning untuk menguatkan literasi lingkungan siswa kelas X MIA SMA. Proceeding Biology Education …, 14, 441–448.
Widowati, A. (2011). Membentuk generasi berliterasi lingkungan dengan penerapan pendekatan STM dalam pembelajaran sains. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 407–414
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0