PEMBERDAYAAN SISWA SEBAGAI AGEN BUDAYA BANYUWANGI DI SD NEGERI 1 SUMBERBARU
Abstract
Culture is transmitted from one generation to the next generation. To realize the process of cultural transmission, the role of schools as agents of cultural socialization is very vital. Therefore, SD Negeri 1 Sumberbaru is pro-active to realize through student empowerment activities as an agent of Banyuwangi culture. The purpose of this activity is to carry out the transmission of Banyuwangi culture to students as the next generation. Furthermore, students are encouraged to have an active role in the process of socializing Banyuwangi culture in the family, school, and community environment. The service method used in this activity is student empowerment training through various intracurricular, cocurricular and extracurricular activities. The results of all the activities that have been carried out show that students have a good motivation to become agents of Banyuwangi Culture. This is shown by students' self-awareness to learn more Banyuwangi culture and disseminate it through various social media accounts as well as in the family, school and community environment.
Downloads
References
Faidah, C. N. (2018). Dekonstruksi Sastra Anak Mengubah Paradigma Kekerasan dan Seksualitas Pada Karya Sastra Indonesia. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 126–139. https://jurnal.umk.ac.id
Heksa, A. (2021). Ekstrakurikuler IPA Berbasis Sainpreneur. Deepublish.
Hisyam, C. . (2020). Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bumi Aksara.
Indiarti, W. (2017). Nilai-Nilai Pembentukan Karakter Dalam Cerita Rakyat Asal Usul Watu Dodol. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 6(1). https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.
Mulyati, L. (2021). Pengelolaan Kokurikuler di Tengah Pandemi Covid-19. Tata Akbar.
Oktyajati, N., & Rachmawati, S. J. (2020). Program Early Agro Education Pada Siswa Sekolah Dasar Untuk Mewujudkan Program Sustainable Agriculture. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 25(2), 86–95. https://doi.org/10.20961/jkb.v25i2.40760
Shilviana, K. ., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 159–177. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa
Suhartati, M. (2012). Tari Gandrung Sebagai Objek Wisata Andalan Banyuwangi. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 12(1), 24–31. https://journal.unnes.ac.id
Tilaar, H. A. . (2009). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2022 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0