Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Pada Materi Fotosintesis Kelas IV SD Negeri Parang 2

Authors

  • Cindy Nurhidayah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mumun Nurmilawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Poppy Rahmatika Primandiri Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v12i2.26147

Keywords:

Modul, Digital, Kelas IV, Fotosintesis

Abstract

Proses pembelajaran yang efektif membutuhkan media pembelajaran yang inovatif, terutama dalam menyampaikan materi yang abstrak seperti fotosíntesis pada peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media E-Modul berbasis Flipbook sebagai media pembelajaran materi fotosíntesis kelas IV SDN Parang 2. Penelitian ini menggunakan métode Research and Development (RnD) dengan model Tessmer yang meliputi preliminary, self evaluation, expert review, one-to-one, smal group dan field test. Berdasarkan hasil data yang diperoleh menurut validator ahli media mendapatkan skor persentase 76,9% sedangkan ahli materi sebesar 86,9%, sehingga media dapat dinyatakan valid untuk digunakan. Sedangkan uji kepraktisan pada respon guru mendapatkan persentase sebesar 79,6%, hasil respon peserta didik pada tahap one-to-one mendapat persentase sebesar 93,4%, small group 94,4%, dan field test 94,7% yang menyatakan bahwa media praktis digunakan. Untuk uji keefektifan dilakukan melalui pre-test dan post-test. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dengan perolehan rata-rata nilai tahap one-to-one untuk pre-test 60 dan post-test 85, small group untuk pre-test 58,4 dan post-test 73, field test untuk pre-test 66 dan post-test 84,4. Dengan demikian media E-Modul berbasis Flipbook dinyatakan Layak digunakan dalam pembelajaran.

Abstract views: 53 , PDF downloads: 26

References

Adawiyah, R., Laksmiwati, D., Supriadi, S., & Mutiah, M. (2021). Pengembangan e-modul berbasis tiga level representasi pada materi kesetimbangan kimia untuk siswa sekolah menengah atas kelas XI. Chemistry Education Practice, 4(3), 262-268.

Alfie, L., Syaflin, S. L., & Sholeh, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Siklus Air Berbasis Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 350-359.

Ambaria, A., Nurmilawati, M., & Zunaidah, F. N. (2023). Analisis Validasi dan Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pecahan pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Kecamatan Semen. Efektor, 10(2), 274-284.

Arriany, I., Ibrahim, N., & Sukardjo, M. (2020). Pengembangan modul online untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 52-66.

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan digital book berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102-115.

Kurnia, I. R., & Sunaryati, T. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1357-1363.

Lastri, Y. (2023). Pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar e-modul dalam proses pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139-1146.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan modul elektronik (E-Modul) berbasis flipbook maker untuk subtema pekerjaan di sekitarku kelas IV SD/MI. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165-174.

Manzil, E. F., & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan e-modul interaktif heyzine flipbook berbasis scientific materi siklus air bagi siswa kelas V sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112-126.

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43-50.

R. Mutiah Laksmiwati, & D., Supriadi, S. (2021). Pengembangan e-modul berbasis tiga level representasi pada materi kesetimbangan kimia untuk siswa sekolah menengah atas kelas XI. Chemistry Education Practice, 4(3), 262-268.

Ningtyas, A. S., Triwahyuningtyas, D., & Rahayu, S. (2020, November). Pengembangan E-Modul Bangun Datar Sederhana Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Kvsoft Flipbook Maker Untuk Siswa Kelas III. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 10-19).

Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul interaktif pada pembelajaran tematik tema 6 subtema 2 hebatnya cita-citaku. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 276-286.

Prasetyaningrum, N. A., & Mas’ud, A. (2023, October). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Terhadap Hasil Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Pencernaan. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 30, pp. 190-196).

Qoridatullah, A., Hidayat, S., & Sudrajat, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 33-40.

Sari, Y., Riswanda, J., & Anggun, D. P. (2024, December). PENGEMBANGAN ELEKTRONIK MODUL (E-Modul) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA/MA. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 4, No. 1, pp. 452-467).

Turnip, R. F., Rufi'i, R. I., & Karyono, H. (2021). Pengembangan e-modul matematika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 485-498.

Wulandari, S. I., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023, July). Penggunaan e-modul berbasis etnosains materi zat dan perubahannya dalam usaha meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp. In Proceeding Seminar Nasional IPA.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-10-30

How to Cite

Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Pada Materi Fotosintesis Kelas IV SD Negeri Parang 2. (2025). Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 12(2), 164-175. https://doi.org/10.29407/jbp.v12i2.26147

Similar Articles

11-20 of 71

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)