Pemahaman Konsep Guru Biologi dan Siswa Kelas XII di SMA Negeri Kota Kediri tentang Materi Respirasi

  • Rina Firliana Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 225 ,

Abstract

ABSTRAK

 

Sulitnya akan materi respirasi seluler membuat siswa kurang memahami konsep tersebut. Kurangnya pemahaman konsep siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek. Salah satunya aspek dari guru sebagai fasilitator. Sebagai seorang guru harus memiliki kompetensi yang meliputi kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman konsep guru biologi dan siswa kelas XII tentang materi respirasi di SMA Negeri kota Kediri, sehingga dapat diketahui korelasi dari keduanya. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengkorelasikan pemahaman konsep guru dan siswa tentang materi respirasi. Sampel guru diambil secara acak dari seluruh guru biologi kelas XII di SMA Negeri kota Kediri, sedangkan sampel siswa diambil secara terpilih sesuai dengan kelas yang diajar oleh guru yang dijadikan sampel. Parameter yang diukur adalah skor tes yang diperoleh guru dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan korelasi product moment menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi sebanyak 75% cukup memahami dan sebanyak 25% sangat memahami, sedangkan pemahaman konsep respirasi pada siswa sebanyak 25% cukup, 50% sedang, dan 25% kurang memahami materi respirasi. Pemahaman konsep guru biologi pada materi respirasi tidak berkorelasi dengan pemahaman konsep siswa kelas XII di SMA Negeri kota Kediri.

PlumX Metrics

Published
2014-10-01
How to Cite
Firliana, R. (2014). Pemahaman Konsep Guru Biologi dan Siswa Kelas XII di SMA Negeri Kota Kediri tentang Materi Respirasi. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 1(1). https://doi.org/10.29407/jbp.v1i1.44

Most read articles by the same author(s)