Pemahaman Konsep Guru Biologi dan Siswa Kelas XII di SMA Negeri Kota Kediri tentang Materi Respirasi
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbp.v1i1.44Abstract
ABSTRAK
Sulitnya akan materi respirasi seluler membuat siswa kurang memahami konsep tersebut. Kurangnya pemahaman konsep siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek. Salah satunya aspek dari guru sebagai fasilitator. Sebagai seorang guru harus memiliki kompetensi yang meliputi kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman konsep guru biologi dan siswa kelas XII tentang materi respirasi di SMA Negeri kota Kediri, sehingga dapat diketahui korelasi dari keduanya. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengkorelasikan pemahaman konsep guru dan siswa tentang materi respirasi. Sampel guru diambil secara acak dari seluruh guru biologi kelas XII di SMA Negeri kota Kediri, sedangkan sampel siswa diambil secara terpilih sesuai dengan kelas yang diajar oleh guru yang dijadikan sampel. Parameter yang diukur adalah skor tes yang diperoleh guru dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan korelasi product moment menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi sebanyak 75% cukup memahami dan sebanyak 25% sangat memahami, sedangkan pemahaman konsep respirasi pada siswa sebanyak 25% cukup, 50% sedang, dan 25% kurang memahami materi respirasi. Pemahaman konsep guru biologi pada materi respirasi tidak berkorelasi dengan pemahaman konsep siswa kelas XII di SMA Negeri kota Kediri.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License