Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Koordinasi Manusia Kelas XI SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur

  • risma widi aditya universitas nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 423 , PDF downloads: 1276
Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS), Inkuiri Terbimbing, Sistem Koordinasi Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing materi sistem koordinasi manusia kelas XI di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing materi sistem koordinasi manusia kelas XI di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur. Penelitian menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluations) tetapi dalam penelitian ini hanya dilaksanakan sampai pada tahap Development (pengembangan). Hasil validasi ahli materi dan bahasa, ahli media, dan praktisi menghasilkan nilai rata-rata berturut-turut 100%; 89,5% dan 91,6% yang menunjukkan sangat valid. Pada nilai respon siswa Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat menghasilkan nilai rata-rata 72,3 % dengan kriteria kuat. Dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan dapat dikatakan sangat layak digunakan untuk diterapkan dalam pembelajaran.

References

Nengsi, S. & Afriani, W. (2019). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Regulasi. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 2, 50–59.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Banguntapan Jogjakarta: DIVA Press.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurdyansyahdan Fahyuni, E.F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamila Learning Center.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Pribadi, A. Benny. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran: Langkah Penting Merancang Kegiatan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Dian Rakyat

Julita, K.D. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Animalia Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Kota Kediri Kelas MIPA 2.2. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Puspitasari, P. 2017. Pengembangan Model Invertebrata Berbasis Inkuiri Terbimbing di MAN 3 Kediri. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Rizqiyana, A.Z. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Pernapasan di Kelas Xi SMA Negeri 4 Pekalongan. Skripsi. (Online), tersedia : http://lib.unnes.ac.id Di unduh 30 Desember 2016 : Universitas Negeri Semarang.

Hafshoh, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berupa LKS dengan Metode Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Pembelajaran IPA Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas VII Semester Genap Di MTS Negeri Kendal. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 85-93

Lutfiana, Y.F. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Local Material Materi Pokok Sistem Kordinasi Kelas XI IPA 2 MA Negeri Prambon Nganjuk. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Rohmah, A.R. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Lestari, P. 2017. Pengembangan Model Invertebrata Berbasis Inkuiri Terbimbing di MAN 3 Kediri. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

PlumX Metrics

Published
2020-10-28
How to Cite
widi aditya, risma. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Koordinasi Manusia Kelas XI SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur . Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 7(2), 60 - 67. https://doi.org/10.29407/jbp.v7i2.14829