Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model JIGSAW Didukung Peraga Manusia pada Materi Sistem gerak Kelas XI-IS SMAN 7 Kediri sebagai Wujud Pendalaman Materi Tubuh
Abstract
Kemampuan berpikir efektif, teliti, dan logis. Guru sebagai fasilitator memiliki kemampuan dalam memilih kritis melatih siswa untuk membuat keputusan dari berbagai sudut pandang secara cermat model yang untuk meningkatkan kemampuan berpikirnya. Inovasi peragaan siswa sangat menarik untuk dipelajari, kemudian diikuti model pembelajaran Jigsaw sehingga akan tercipta suasana belajar aktif, mempermudah penguasaan materi, lebih kreatif dalam proses pembelajaran yang lebih optimal. Metode di gunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini menghasilkan data berupa kata-kata/kuisioner dan dianalisis dengan prosentase, peneliti ingin mengamati, meninjau, dan memaparkan hasil wawancara dan kuisioner siswa SMAN kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan siswa sangat tertarik dengan model Jigsaw didukung peraga yang mengembangkan kemampuan berpikir kritis . Di sisi lain, siswa lebih aktif dan antusias selama proses belajar pembelajaran.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License