Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Multimedia Interaktif

Authors

  • Kharismadika Kumalasari Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v8i2.16729

Keywords:

pengembangan, media pembelajaran, multimedia interaktif

Abstract

tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kevalidan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Peredaran Darah Manusia pada Kelas V SDN Pucangsimo 2; (2) Untuk mengetahui Media pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Peredaran Darah Manusia pada Kelas V SDN Pucangsimo 2; (3) Untuk mengetahui keefektifan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Peredaran Darah Manusia pada Kelas V SDN Pucangsimo 2. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau sering disebut ddengan R&D. Model yang digunakan yaitu model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4D terdiri dari empat tahap, meliputi: (1) Define; (2) Design; (3) Development; (4) Disseminate. Namun karena keterbatasan waktu yang tersedia, peneliti hanya melakukan hingga tahap Development. hasil penelitian diperoleh hasil validasi ahli media sebanyak 46 dari skor maksimal 50 dengan presentase skor sebanyak 92%. Kemudian Hasil yang diperoleh dari ahli materi sebanyak 37 dari skor maksimal sebanyak 40 dengan presentase skor sebanyak 92,5%. Kemudian, respon siswa diperoleh presentase hasil sebanyak 86,6%. Diperoleh hasil 94% dari angket kepraktisan guru. Hasil uji-t menunjukkan t_hitung = 367,5 dan t_tabel = 47,14. Jadi, t_hitung lebih besar daripada t_tabel yang menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif.

References

Agustina, Irnin, Dwi Astuti, Ria Asep Sumarni, and Yoga Budi Bhakti. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis. Abdimas Dewantara 2(2):10714.

Alwi, Said. 2017. PROBLEMATIKA GURU DALAM PENGEMBANGAN. 8(2):14567.

Armansyah, Firdausy, Sulton Sulton, and Sulthoni Sulthoni. 2019. Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(3):22429. doi: 10.17977/um038v2i32019p224.

Diah, Inung, and Sekreningsih Nita. 2018. Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaranuntuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology 1(2):6875.

Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan 17(1):6679.

Jamun, Yohannes Marryono. 2018. Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. (10):4852.

Novitasari, Dian, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kemampuan Pemahaman, and Konsep Matematis. 2015. PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. 2:818.

Nurrita, Teni. 2018. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. 3:172.

Sari, Nia Desliana, and Rian Vebrianto. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Materi Koloid Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman : Studi Literatur.” 18–19.

Wahyu Titis Kholifah, Firosalia Kristin. 2019. “Jurnal Basicedu.” Jurnal Basicedu 1(1):1–9.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-10-28

How to Cite

Kumalasari, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 8(2), 84–90. https://doi.org/10.29407/jbp.v8i2.16729