Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Multimedia Interaktif
Abstract
tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kevalidan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Peredaran Darah Manusia pada Kelas V SDN Pucangsimo 2; (2) Untuk mengetahui Media pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Peredaran Darah Manusia pada Kelas V SDN Pucangsimo 2; (3) Untuk mengetahui keefektifan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Peredaran Darah Manusia pada Kelas V SDN Pucangsimo 2. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau sering disebut ddengan R&D. Model yang digunakan yaitu model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4D terdiri dari empat tahap, meliputi: (1) Define; (2) Design; (3) Development; (4) Disseminate. Namun karena keterbatasan waktu yang tersedia, peneliti hanya melakukan hingga tahap Development. hasil penelitian diperoleh hasil validasi ahli media sebanyak 46 dari skor maksimal 50 dengan presentase skor sebanyak 92%. Kemudian Hasil yang diperoleh dari ahli materi sebanyak 37 dari skor maksimal sebanyak 40 dengan presentase skor sebanyak 92,5%. Kemudian, respon siswa diperoleh presentase hasil sebanyak 86,6%. Diperoleh hasil 94% dari angket kepraktisan guru. Hasil uji-t menunjukkan t_hitung = 367,5 dan t_tabel = 47,14. Jadi, t_hitung lebih besar daripada t_tabel yang menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif.
References
Agustina, Irnin, Dwi Astuti, Ria Asep Sumarni, and Yoga Budi Bhakti. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis. Abdimas Dewantara 2(2):10714.
Alwi, Said. 2017. PROBLEMATIKA GURU DALAM PENGEMBANGAN. 8(2):14567.
Armansyah, Firdausy, Sulton Sulton, and Sulthoni Sulthoni. 2019. Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(3):22429. doi: 10.17977/um038v2i32019p224.
Diah, Inung, and Sekreningsih Nita. 2018. Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaranuntuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology 1(2):6875.
Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan 17(1):6679.
Jamun, Yohannes Marryono. 2018. Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. (10):4852.
Novitasari, Dian, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kemampuan Pemahaman, and Konsep Matematis. 2015. PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. 2:818.
Nurrita, Teni. 2018. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. 3:172.
Sari, Nia Desliana, and Rian Vebrianto. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Materi Koloid Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman : Studi Literatur.” 18–19.
Wahyu Titis Kholifah, Firosalia Kristin. 2019. “Jurnal Basicedu.” Jurnal Basicedu 1(1):1–9.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License