Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Multimedia Interaktif

Authors

  • Kharismadika Kumalasari Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v8i2.16729

Keywords:

pengembangan, media pembelajaran, multimedia interaktif

Abstract

tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kevalidan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Peredaran Darah Manusia pada Kelas V SDN Pucangsimo 2; (2) Untuk mengetahui Media pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Peredaran Darah Manusia pada Kelas V SDN Pucangsimo 2; (3) Untuk mengetahui keefektifan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Peredaran Darah Manusia pada Kelas V SDN Pucangsimo 2. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau sering disebut ddengan R&D. Model yang digunakan yaitu model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4D terdiri dari empat tahap, meliputi: (1) Define; (2) Design; (3) Development; (4) Disseminate. Namun karena keterbatasan waktu yang tersedia, peneliti hanya melakukan hingga tahap Development. hasil penelitian diperoleh hasil validasi ahli media sebanyak 46 dari skor maksimal 50 dengan presentase skor sebanyak 92%. Kemudian Hasil yang diperoleh dari ahli materi sebanyak 37 dari skor maksimal sebanyak 40 dengan presentase skor sebanyak 92,5%. Kemudian, respon siswa diperoleh presentase hasil sebanyak 86,6%. Diperoleh hasil 94% dari angket kepraktisan guru. Hasil uji-t menunjukkan t_hitung = 367,5 dan t_tabel = 47,14. Jadi, t_hitung lebih besar daripada t_tabel yang menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif.

Abstract views: 877 , PDF downloads: 553

References

Agustina, Irnin, Dwi Astuti, Ria Asep Sumarni, and Yoga Budi Bhakti. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis. Abdimas Dewantara 2(2):10714.

Alwi, Said. 2017. PROBLEMATIKA GURU DALAM PENGEMBANGAN. 8(2):14567.

Armansyah, Firdausy, Sulton Sulton, and Sulthoni Sulthoni. 2019. Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(3):22429. doi: 10.17977/um038v2i32019p224.

Diah, Inung, and Sekreningsih Nita. 2018. Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaranuntuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology 1(2):6875.

Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan 17(1):6679.

Jamun, Yohannes Marryono. 2018. Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. (10):4852.

Novitasari, Dian, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kemampuan Pemahaman, and Konsep Matematis. 2015. PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. 2:818.

Nurrita, Teni. 2018. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. 3:172.

Sari, Nia Desliana, and Rian Vebrianto. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Materi Koloid Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman : Studi Literatur.” 18–19.

Wahyu Titis Kholifah, Firosalia Kristin. 2019. “Jurnal Basicedu.” Jurnal Basicedu 1(1):1–9.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-10-28

How to Cite

Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Multimedia Interaktif. (2021). Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 8(2), 84-90. https://doi.org/10.29407/jbp.v8i2.16729

Similar Articles

1-10 of 77

You may also start an advanced similarity search for this article.