Validitas dan Praktikalitas Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Koordinasi untuk Kelas XI SMA/MA

  • Nurul Annisa Universitas Negeri Padang
  • Rahmawati Darussyamsu Universitas Negeri Padang
Abstract views: 177 , PDF downloads: 212
Keywords: Multimedia Interaktif, IDI, Sistem Koordinasi, Valid, Praktis

Abstract

Materi biologi merupakan salah satu materi yang membutuhkan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan dan memperjelas materi. Media pembelajaran di SMAN 1 Banuhampu memiliki keterbatasan dan belum mendukung penyediaan media yang dibutuhkan. Peneliti memberikan solusi berupa pengembangan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif pada materi sistem koordinasi untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan Instructional Development Institute (IDI). Subjek penelitian terdiri dari validator yang berjumlah 3 orang yaitu 2 orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru biologi SMAN 1 Banuhampu. Selanjutnya  objek diuji untuk mengetahui tingkat praktikalitas oleh 1 orang guru dan 32 orang peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Banuhampu. Hasil penelitian berupa hasil validasi  yang diperoleh dengan nilai rata-rata 95,9% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh nilai rata-rata 93,47% dan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik diperoleh nilai rata-rata 94,95%. Maka multimedia interaktif yang dikembangkan memiliki kriteria yang valid dan praktis.

References

Aditya, M., & Wibawanto, S. (2020). Implementasi Model MPI untuk Pengembangan Modul Mata Kuliah Analisis dan Desain Sistem Informasi di S1 Pendidikan Teknik Informatika UM. Belantika Pendidikan, 3 (November), 59–65.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan nasional.

Haryanto, H., & Bagas Friana. (2018). Aplikasi Permainan Edukatif Mengaji Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknik Informatika Unis, 6(1), 8–16. http://ejournal.unis.ac.id/index.php/jutis/article/view/36

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 121–125.

Jannah, M., Husna, A., & Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan Aplikasi Android Dengan Cepat Menggunakan Ispring Untuk Menunjang Pembelajaran Secara Daring. VEKTOR : Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 66–72.

Kartini, K. S., Tri, I. N., & Putra, A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI HIDROKARBON. 5(1), 37–43.

Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. 3(1), 20–28.

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. Lisania : Journal Of Arabic Education and Literature, 1–16.

Riduwan. (2012). Pengantar Statistika Sosial. Alfabeta.

Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. (2020). Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi. Edubiotik : Jurnal Pendidikan , Biologi Dan Terapan, 9833, 18–28.

Safitri, D., & Hartati, T. A. W. (2016). Kelayakan Aspek Media dan Bahasa dalam Pengembangan Buku Ajar dan Multimedia Interaktif Biologi Sel. Florea, 3(2), 9–14.

Sari, N., & Yogica, R. (2021). Multimedia Interaktif Bermuatan Game Tebak Kata tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. 4(3), 357–363.

Sepriadi, I., Sumarmin, R., & Ramadhani, F. (2018). Pengembangan Media Animal Comic (Anicom) Berorientasi Pendekatan Kontekstual untuk Peserta Didik Kelas X. Bioeducation Journal, 2(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilo, B. (2019). Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Tumbuh Kembang Anak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 139–143.

Wildan, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM EPS ( ELECTRIC POWER STEERING ) BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. 20(2), 98–101.

PlumX Metrics

Published
2023-05-01
How to Cite
Nurul Annisa, & Rahmawati Darussyamsu. (2023). Validitas dan Praktikalitas Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Koordinasi untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 10(1), 49-57. https://doi.org/10.29407/jbp.v10i1.19722