Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbers Heads Together) Menggunakan Peta Konsep dan Scramble terhadap Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Mengamati Gejala Kehidupan Siswa Kelas VII di SMPN 1 Pare

Authors

  • Umi Anisrotul Jama'ain

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v1i1.46

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas siswa dalam belajar masih kurang, siswa cenderung pasif dalam pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi dengan metode pembelajaran NHT menggunakan peta konsep dan scrambele pada pokok bahasan mengamati gejala kehidupan kelas VII SMP Negeri 1 Pare. Dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan eksperimental kelas VII A diberi pembelajaran kooperatif peta konsep dan kelas VII B diberi pembelajaran kooperatif scrambele untuk mengetahui hasil belajarnya. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 18,59 dan ttabel = 1,992, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran kooperatif scrambele dan pembelajaran kooperatif peta konsep. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas VII B yang diajar mengggunakan pembelajaran kooperatif scrambele  hasil belajar lebih meningkat dari pada kelas yang diajar mengggunakan pembelajaran kooperatif peta konsep.

PlumX Metrics

Published

2014-10-01

How to Cite

Jama’ain, U. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbers Heads Together) Menggunakan Peta Konsep dan Scramble terhadap Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Mengamati Gejala Kehidupan Siswa Kelas VII di SMPN 1 Pare. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 1(1). https://doi.org/10.29407/jbp.v1i1.46