PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA DI SMA NEGERI 1 BATANGAN

Authors

  • Nurul Mauludah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v5i2.12578

Abstract

Kesadaran masyarakat yang rendah akan lingkungan disebabkan karena rendahnya kemampuan
literasi lingkungan masyarakat. Salah satu upaya untuk menanggulanginya yaitu melalui pendidikan
formal dengan cara menerapkan kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan
literasi lingkungan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
berbasis pemecahan masalah terhadap peningkatan kemampuan literasi lingkungan siswa yang
diterapkan pada materi perubahan lingkungan. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Batangan
pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah
kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Peneliti
menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Designdengan desain penelitian Noneqivalent
Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui tes literasi lingkungan yaitu menggunakan soal Middle School
Environmental Literacy Survey (MSELS) tahun 2018 dan soal terkait materi perubahan lingkungan.
Hasil penelitian diketahui melalui uji t pada nilai posttest yaitu thitung = 2,81 > ttabel = 1,68, maka H0
ditolak, H1 diterima,jadi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan
kontrol setelah diberikan perlakuan. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis
pemecahan masalah berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan literasi lingkungan siswa di
SMA Negeri 1 Batangan.
Kata Kunci : pemecahan masalah, literasi lingkungan, SMA Negeri 1 Batangan

PlumX Metrics

Published

2018-11-07

How to Cite

Mauludah, N. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA DI SMA NEGERI 1 BATANGAN. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 5(2). https://doi.org/10.29407/jbp.v5i2.12578