Pengembangan Media  Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Mengenal Organ  Pencernaan Manusia Untuk Sekolah Dasar

Authors

  • Assa Dwi Mauliana Universitas PGRI Semarang
  • Sunan Baedowi Universitas PGRI Semarang
  • Diana Endah Handayani Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v12i1.24595

Keywords:

Pengembangan, Model ADDIE, Media Pembelajaran

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya permasalahan yang dialami oleh peserta didik pada materi mengenal alat pencernaan manusia. Pada saat proses pembelajaran peserta didik mengalami kesulitan dalam mengingat tentang alat pencernaan manusia. Kesulitan yang dialami oleh peserta didik yaitu kesulitan seperti kesulitan dalam menyebutkan dan menjelaskan tentang pencernaan manusia. Pada proses pembelajaran yang masih berkutat pada buku guru dan buku siswa, selain masih menggunakan metode ceramah, sesekali pada saat pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran berupa youtube. Sarana prasarana sudah cukup misalnya sudah ada wifi, LCD, sound system untuk proses pembelajaran, namun belum dimanfaatkan secara optimal, dengan menggunakan media youtube masih belum adanya interaksi dua arah dan media yang bervariasi. Selain itu pada akhir pembelajaran dilakukan evaluasi tetapi masih menggunakan kertas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan, melakukan validasi, dan kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva pada Materi Mengenal Alat Pencernaan Manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mentosari. Hasil validitas penelitian diperoleh dari validasi materi dan media. Persentase nilai yang diperoleh dari validasi materi sebesar 94,5% dengan kriteria “sangat layak” dan persentase nilai yang diperoleh dari validasi media sebesar 91,1% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil angket respon siswa kelas V SDN Mentosari memperoleh persentase sebesar 95% dengan kriteria “sangat layak” dan angket respon guru kelas V SDN Mentosari memperoleh persentase sebesar 93% dengan kriteria “sangat layak”. Maka dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva pada Materi Mengenal Alat Pencernaan Manusia Siswa Kelas V SDN Mentosari Batang valid dan layak digunakan di kelas V SDN Mentosari. Berdasarkan penelitian tersebut, Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva pada Materi Mengenal Alat Pencernaan Manusia valid dan layak digunakan oleh siswa kelas V SDN Mentosari.

References

Anisa Fauziyah, Aan Hendrayana, R. H. (2023). Development of Interactive Canva-Based Learning Media in Increasing Student Motivation in Grade VII Science Material. Journal of Elementary Education Science, 08, 586–597.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Understanding Media, Purpose, Function, Benefits and Urgency of Learning Media. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4.

Fatimah, A. E., Purba, A., Studi, P., & Teknik, P. (2024). 1 , 2 , 3. 7.

Fatimah, D. (2020). Development of Katela Media for Multiplication Arithmetic Operations in Elementary School 2 Students. Journal of Educational Research and Development, 4(3), 526–532.

Firmadani, F. (2020). Technology-Based Learning Media as Learning Innovation in the Industrial Revolution Era 4.0. Proceedings of the National Education Conference, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Interactive Learning of Citizenship Education Through Mobile Learning in the Industrial Era 4.0. CIVICUS: Education-Research-Service of Pancasila and Citizenship Education, 8(1), 36. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1849

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Development of Interactive Learning Media Based on Powerpoint. Educativo: Journal of Education, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). 2. Evaluation of kep. Journal of Islamic Religious Education Innovation (JIPAI), 1(1), 28–38.

Kifron, M., Haryanto, E., Master of Elementary Education Study, P., & Jambi, U. (2024). Development of Interactive Multimedia Based on Ispring Suite Applications in the Independent Curriculum in Science Learning in Grade V Elementary Schools. 01.

Laia, I. P., Prodi, M., Fatimah, A. E., Purba, A., Studi, P., & Teknik, P. (2023). Development of Interactive Multimedia Based on Canva on Excretory System Material for Grade VIII Students at SMP Negeri 3 Susua. FAGURU: Scientific Journal of Teacher Training Students, 2(2), 283–296. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/FAGURU

Mahyudin, A. (2023). Development of Canva Learning Media for PAI & BP Phase C Subjects - Elementary School. Journal of Instruction and Development Researches, 3(4), 169–177.

Maulia, S. (2023). Utilization of the Canva Application as a Learning Media in the Digital Era. Proceedings of the National Seminar: Results of Research, Community Service, and Dissemination, 5(1), 86.

Miftah, M., & Nur Rokhman. (2022). Criteria for selection and principles of utilization of ICT-based learning media according to student needs. Educenter: Scientific Journal of Education, 1(9), 641–649. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i9.92

Muna, N., Khasanah, M., & Anbiya, B. F. (2023). Analysis of the Utilization of Walisongo E-Learning in Civic Education Courses. Research in Education and Technology (REGY), 1(2), 85–91. https://doi.org/10.62590/regy.v1i2.85

Pranoto, A., & Zakariyah, M. (2023). KLIK: Scientific Study of Informatics and Computers The Role of Augmented Reality in Introducing Human Digestive Organs to Elementary School Children. Media Online, 4(3), 1235–1244. https://doi.org/10.30865/klik.v4i3.1441

Rambe et all. (2023). Training on the Utilization of Linktree Learning Media and Community Service (JPKM), 4(1), 85–89.

Ratu Pratiwi, A., Ayu Pratiwi, S., & Halimah, S. (2020). The Use of Media in Elementary School Civics Learning. Journal of Education and Da'wah, 2(3), 386–395.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Development of Interactive Learning Media Based on Web Articulate Storyline in Science Learning in Grade V Elementary School. Prima Magistra: Scientific Journal of Education, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Sari, R. K. (2021). Literature Research in Indonesian Language Education Development Research. Borneo Humaniora Journal, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249

Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). The Urgency of Developing Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. Digital Literacy Journal, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448

Syavira, N. (2021). Development of Interactive Powerpoint-Based Learning Media for Human Digestive System Material for Grade V Elementary School Students. OPTIKA: Journal of Physics Education, 5(1), 84–93. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Effectiveness of Using CANVA Application as a Learning Media for Science in Elementary Schools/Primary Schools. Journal of Elementary School Research (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Yanto, D. T. P. (2019). Practicality of Interactive Learning Media in the Electrical Circuit Learning Process. INVOTEK: Journal of Vocational Innovation and Technology, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-03-16

How to Cite

Pengembangan Media  Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Mengenal Organ  Pencernaan Manusia Untuk Sekolah Dasar. (2025). Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 12(1), 1-12. https://doi.org/10.29407/jbp.v12i1.24595

Similar Articles

1-10 of 79

You may also start an advanced similarity search for this article.