Pengaruh Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa Materi Ekologi

Authors

  • Mita Ramadhni Universitas Negeri Medan
  • Ely Djulia Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v12i1.25047

Keywords:

ekosistem, Learning Model, Critical Thinking Skills, STEM-PjBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efek Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa kelas VII pada materi ekologi. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental dengan rancangan pretest-posttest kelompok. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes esai kemampuan pemecahan masalah dan kuesioner sikap ilmiah siswa. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji-t (independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data, terdapat efek signifikan (sig(2-tailed)) < 0,05 dimana 0,000 < 0,05 pada kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa di kelas eksperimental. Berdasarkan uji hipotesis, ditemukan bahwa terdapat efek model PBL dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah pada materi ekologi untuk siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 01 Medan.

 

References

Anggreni, P., dan Hidayat, A. F. (2022). Students creative thinking skills on differentiated instruction. Internasional. Journal of Trends in MatematicsEducation Research, 5(4), 365-373. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i4.161

Ariyatun, A. dan Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kimia Pendidikan (JEC), 2(1): 33-39.

Agustami, Aprida, V., Pramita, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 3(1), 224–231.

Dewi, S. E., dan Salirawati, D. (2023). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Self-Efficacy dan Kemandirian Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Pembelajaran Kimia, 8(1), 24-35.

Diani, R., Khotimah, H., Khasanah, U., dan Syarlisjiswan, M. R. (2019). Scaffolding dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Instruction (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Self Efficacy. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika PT, 2(3): 310-319.

Djulia, E., dan Simatupang, H. (2021). Proyek Berbasis STEM untuk Kehidupan Sehari-hari yang Dibuat oleh Mahasiswa Calon Guru dan Implikasinya terhadap Kompetensi Pedagogik Guru IPA. Jurnal Fisika: Seri Konferensi, 1819 (1): 1-9.

Fitriana, A., dan Savitri, E. N. (2023). Penerapan e-worksheet dengan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 8(2), 28-40.

Khairani, A.L., Djulia, E., dan Bunawan, W. (2023). Interactive Multimedia Development Based On STEM in Improving Science Learning Outcomes. 4 (2), 428-436.

Lolanessa, L., Kaniawati, I dan Nugraha, G. M. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning menggunakan Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Wahana Pendidikan Fisika,5(1), 113-117.

Noviana, R., Imiyati, N., dan Darmiasih, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Ekologi di SMP Negeri 5 Ciamis. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 113-121.

Putri, E. E.Y., Lesmono, D.A dan Nuraini, L. (2022). Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 42-50.

Simanjuntak, M. P., Simatupang, H., Hardinata, A., Manurung, G. A., dan Octavia, S. C. (2023). Literasi Sains Dengan Pembelajaran Ipa Berbasis Proyek Terintegrasi Stem. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 35. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.45733

Suharyat, Y., Ichsan, I., Satria, E., Santosa, T. A., dan Amalia, K. N. (2022). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5081-5088.

Yulistiana, Y. dan Setyawan, A. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyuajuh 9. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 1-8.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-03-29

How to Cite

Pengaruh Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa Materi Ekologi. (2025). Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 12(1), 68-74. https://doi.org/10.29407/jbp.v12i1.25047

Similar Articles

31-40 of 65

You may also start an advanced similarity search for this article.