Validitas Media Pembelajaran E-learning Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran Biologi Pada Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Latifa Vita Vela Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v8i1.15780

Keywords:

Learning media, e-learning, edmodo, validation

Abstract

Learning media is part of learning resources which is a combination of software (teaching materials) with hardware (learning tools. One type of learning media is e-learning. E-learning is a learning medium that uses the internet to deliver learning materials from teachers to students. One of the e-learning media is edmodo. Edmodo is a learning platform intended for students, teachers and parents. The purpose of this study was to determine the benefits of using edmodo in the learning process of biology. This type of research is a meta-analysis. Meta analysis is collecting and analyzing data from research results from relevant journals. The data were obtained by studying the literature on the articles on Google Scholar using the keywords "learning media", "e-learning", "edmodo" and “validation”. From the results of the search carried out, several articles were found that were in accordance with the research to be carried out and it was concluded that the use of edmodo was included in the valid and very valid category in several aspects such as content aspects, linguistic aspects, study aspects and graphic aspects

References

Muhson, A. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesi. Vol. VIII. No. 2

Mustaqim, I dan Kurniawan, N. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro. ISSN : 2548-8260. Vol. 1, No. 1.

Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Suriadhi, G., Tastra, I. D. K dan Suwatra, I. W. 2014. Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Singaraja. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol. 2, No. 1.

Wulandari, Heni. 2017. Optimalisasi E-Learning Dengan Menggunakan Metode Flipped Classroom. Seminar Nasional Pendidikan. ISBN.978-602-50088-0-1.

Apriliyana, M dan Kunjoro, S. 2017. Validitas Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Perubahan Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah Siswa Kelas X SMA/ MA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. ISSN: 2302-9528. Vol. 6 No.3.

Hidayat, R., Lufri., Handayani, D., Darussyamsu, R. 2019. Validitas Media Pembelajaran E-learning Berbasis Edmodo Pada Materi Kingdom Protista Kelas X SMA/MA. Atrium Pendidikan Biologi. FMIPA: Universitas Negeri Padang.

Purwanto, N. 2009. Prinsip-prinsip dan Teknnik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ivaturrohmah., Mudakir, I., Fikri, K. 2018. Development of Edmodo-Based Learning Media on the Plantae's Discussion for Learning Biological High School. Bioedukasi. Vol XVI. No 2.

Aminy, R., Siti, H., Santri, D, J. 2017. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Edmodo Pada Materi Sistem Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi. Vol 4. No 1.

Qori, S. A. J., Hidayat. A., Maspupah. M. Penerapan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Edmodo Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Indera. Jurnal Penelitian. UIN Sunan Gunung Jati.

Rahmana,A. Y., Susantini, E., Yuliani. 2015. Validitas Perangkat Pembelajaran Blended Learning Terintegrasi Edmodo Pada Submateri Katabolisme Karbohidrat. Bioedu. ISSN: 2302-9528. Vol.4 No.2

Kinanti. L. P dan Sudirman. 2017. Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi PendukungPembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Sma Negeri Di Kota Bandung. SOSIETAS. VOL. 7, NO. 1.

Siallagan, L., Jufrida., Pathoni. H. 2018. Pengembangan E-Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Edmodo Pada Materi Gelombang Cahaya Di Kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK). ISSN 2442-904X. Vol. 3, No. 1.

Yakub, A. F., Mansyur., Sugiarti. 2018. Pengembangan Media E-Learning Menggunakan Edmodo Berbasis Smartphone Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Koloid Tingkat Sma. Chemistry Education Review (CER). Vol. X, No. X.

Rahmaningrum, V. N., Buditjahjanto. I. G. P. A. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Teknik Audio Video Di Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 5, No.3.

Wati, D. S dan Sudarma, T. F. 2020. Pengembangan Model Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Untuk Mata Pelajaran Fisika Di Smk. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan. Vol. 6, No. 2.

Azis, Putri Athirah. 2016. Hubungan Minat, Motivasi Belajar Dan Sikap Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 13 Makassar. Journal of EST. e-ISSN: 2477-3840. Vol. 2 No. 3.

Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., Muryani, C. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma (Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal GeoEco. ISSN: 2460-0768. Vol. 2, No. 2.

PlumX Metrics

Published

2021-04-28

How to Cite

Latifa Vita Vela. (2021). Validitas Media Pembelajaran E-learning Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran Biologi Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 8(1), 26–31. https://doi.org/10.29407/jbp.v8i1.15780

Issue

Section

Artikel