Pengaruh Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa Materi Ekologi
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbp.v12i1.25047Keywords:
ekosistem, Learning Model, Critical Thinking Skills, STEM-PjBLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efek Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa kelas VII pada materi ekologi. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental dengan rancangan pretest-posttest kelompok. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes esai kemampuan pemecahan masalah dan kuesioner sikap ilmiah siswa. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji-t (independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data, terdapat efek signifikan (sig(2-tailed)) < 0,05 dimana 0,000 < 0,05 pada kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa di kelas eksperimental. Berdasarkan uji hipotesis, ditemukan bahwa terdapat efek model PBL dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah pada materi ekologi untuk siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 01 Medan.
References
Anggreni, P., dan Hidayat, A. F. (2022). Students creative thinking skills on differentiated instruction. Internasional. Journal of Trends in MatematicsEducation Research, 5(4), 365-373. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i4.161
Ariyatun, A. dan Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kimia Pendidikan (JEC), 2(1): 33-39.
Agustami, Aprida, V., Pramita, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 3(1), 224–231.
Dewi, S. E., dan Salirawati, D. (2023). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Self-Efficacy dan Kemandirian Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Pembelajaran Kimia, 8(1), 24-35.
Diani, R., Khotimah, H., Khasanah, U., dan Syarlisjiswan, M. R. (2019). Scaffolding dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Instruction (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Self Efficacy. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika PT, 2(3): 310-319.
Djulia, E., dan Simatupang, H. (2021). Proyek Berbasis STEM untuk Kehidupan Sehari-hari yang Dibuat oleh Mahasiswa Calon Guru dan Implikasinya terhadap Kompetensi Pedagogik Guru IPA. Jurnal Fisika: Seri Konferensi, 1819 (1): 1-9.
Fitriana, A., dan Savitri, E. N. (2023). Penerapan e-worksheet dengan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 8(2), 28-40.
Khairani, A.L., Djulia, E., dan Bunawan, W. (2023). Interactive Multimedia Development Based On STEM in Improving Science Learning Outcomes. 4 (2), 428-436.
Lolanessa, L., Kaniawati, I dan Nugraha, G. M. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning menggunakan Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Wahana Pendidikan Fisika,5(1), 113-117.
Noviana, R., Imiyati, N., dan Darmiasih, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Ekologi di SMP Negeri 5 Ciamis. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 113-121.
Putri, E. E.Y., Lesmono, D.A dan Nuraini, L. (2022). Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 42-50.
Simanjuntak, M. P., Simatupang, H., Hardinata, A., Manurung, G. A., dan Octavia, S. C. (2023). Literasi Sains Dengan Pembelajaran Ipa Berbasis Proyek Terintegrasi Stem. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 35. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.45733
Suharyat, Y., Ichsan, I., Satria, E., Santosa, T. A., dan Amalia, K. N. (2022). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5081-5088.
Yulistiana, Y. dan Setyawan, A. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyuajuh 9. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 1-8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mita Ramadhni, Ely Djulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License