Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Universitas Hasyim Asy’ari Terhadap Pembelajaran Kimia Dasar Berbasis Blended Learning
Abstract
Matakuliah Kimia Dasar pada prodi Pendidikan IPA Universitas Hasyim Asy’ari memiliki cakupan yang cukup luas. Pembelajaran berbasis blended learning merupakan salah satu metode yang akan dikembangkan untuk membelajarkan kimia dasar secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran kimia dasar berbasis blended learning. Penelitian deskriptif ini dilakukan dengan teknik kuesioner terhadap 37 mahasiswa dari semua angkatan prodi Pendidikan IPA Universitas Hasyim Asy’ari yang dipilih secara acak. Hasil penelitian dianalisa menggunakan distribusi persentase menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa prodi Pendidikan IPA sangat baik terhadap pembelajaran Kimia Dasar berbasis blended learning.
References
Wijayadi, A.W. 2017. Menggali Pemahaman Awal Mahasiswa Tingkat I Pada Materi Laju Reaksi Menggunakan Instrumen Two Tier. Wacana Didaktika, 5 (2) : 172-180.
Barlex, D.M. & Trebell, D. 2008. Design Without Make. Challenging the Conventional Aprroach Teaching and Learning in a Design and Technology Clasroom. International Journal of Technology and Design Education, 18, 119-138.
Dwiyogo, W.D. 2016. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Model Rancangan Pembelajaran dan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. Malang. Wineka Media.
Sutopo, H.D. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Hasanah, R., & Anggraeni, F.D. 2016. Gambaran Persepsi Guru Terhadap Blended Learning. Psikologia, 11 (3) : 129-134.
Donoso, J., Ortega-Castro, J., Vilanova, B., Frau, J., & Munoz, F. 2010. A Blended Learning Project In General Chemistry For Undergraduate Levels In Chemistry And Biochemistry Degrees. Disampaikan dalam Proceedings of EDULEARN 10Conference. 5th-7th July 2010, Barcelona, Spain.
Fitriana, N. 2012. Penerapan Pembelajaran kimia Dengan Model Blended Learning Mata Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromatografi Pada Mahasiswa Jurusan Kimia Di Universitas Negeri Malang. Tesis Kimia PPs UM Malang. Tidak dipublikasikan.
Dewi, C. A. 2012. Pengaruh Blended Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia IKIP Mataram Pada Materi Pemcemaran Lingkungan Tahun Akademik 2011/2012. Tesis Kimia PPs UM Malang. Tidak dipublikasikan.
APJII. 2018. Potret Zaman Now Pengguna & Perilaku Internet Indonesia. Buletin APJII. Edisi 23, 1-7.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License